Waspada Siklon Tropis di Indonesia Ciptakan Gelombang Tinggi

Berdampak cukup signifikan terhadap kondisi gelombang

Jakarta, IDN Times - BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memantau dua Bibit Siklon Tropis yang tumbuh di Belahan Bumi Utara (BBU) Indonesia, yaitu Bibit Siklon Tropis yang tumbuh di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 knots (37 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1003,5 hPa.

Sementara itu Bibit Siklon Tropis 98W yang tumbuh di Samudera Pasifik sebelah utara Papua Barat tepatnya di 6.3 LU, 132.6 BT dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 knots (37 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1008.9 hPa.

"Bibit Siklon 97W bergerak ke arah Barat-Barat Laut, sedangkan bibit siklon 98W bergerak ke arah Utara," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa, (28/6/2022).

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat dengan Gelombang Transversal dan Longitudinal

1. Terjadi di perairan utara Indonesia

Waspada Siklon Tropis di Indonesia Ciptakan Gelombang TinggiGoogle Map

Keberadaan dua bibit siklon tropis di utara Indonesia tersebut secara umum hanya berdampak cukup signifikan terhadap kondisi gelombang di beberapa wilayah perairan utara ekuator.

"Keduanya menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori rendah," ucap dia.

Baca Juga: BMKG: Gelombang 6 Meter Berpotensi Hantam Jabar, Jateng, dan Banten

2. Memberikan dampak gelombang laut hingga ketinggian 2,5 meter

Waspada Siklon Tropis di Indonesia Ciptakan Gelombang TinggiUnspalsh/Tim Marshall

Dalam 24 jam kedepan Bibit siklon 97W dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia berupa potensi Gelombang laut dengan ketinggian 1,25 sampai 2,5 meter dapat terjadi di Laut China Selatan.

"Bibit Siklon 98W dalam 24 jam kedepan dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia berupa potensi Gelombang laut dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter," kata Guswanto.

3. Masyarakat di sekitar periaran wajib waspada

Waspada Siklon Tropis di Indonesia Ciptakan Gelombang TinggiIlustrasi kapal-kapal nelayan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Dia pun mengimbau kepada masyarakat pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap imbas gelombang tinggi di lingkungannya.

"Gelombang itu dapat terjadi di Laut Maluku bagian Utara, Perairan Utara Biak, Perairan Raja Ampat – Sorong, Perairan Utara Halmahera, Perairan Utara Papua Barat hingga Papua, Samudera Pasifik Utara Papua, hingga Perairan Timur Filipina," tutur dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya