Comscore Tracker

Zulkifli dan Hadi Resmi Masuk Kabinet Jokowi, Mana yang Lebih Tajir?

Hadi jadi Menteri ATR/BPN, sedangkan Zulkifli jadi Mendag

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik dua menteri baru yang masuk jajaran kabinetnya pada Rabu (15/6/2020) di Istana Merdeka. Kedua menteri tersebut, yakni mantan Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Hadi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggantikan Sofyan Djalil. Sementara, Zulkifli Hasan masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Perdagangan menggeser posisi Muhammad Lutfi.

Lantas di antara kedua menteri yang baru dilantik Jokowi ini, siapakah yang lebih tajir berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)?

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Ungkap Kriteria Pilih Zulkifli dan Hadi Jadi Menteri

1. Total harta kekayaan Hadi Tjahjanto Rp20,5 miliar

Zulkifli dan Hadi Resmi Masuk Kabinet Jokowi, Mana yang Lebih Tajir?ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Hadi Tjahjanto diketahui memiliki total harta kekayaan mencapai Rp20,5 miliar.

Hadi terakhir menyampaikan LHKPN pada 7 Juni 2021 untuk periodik 2020 saat masih menjabat sebagai Panglima TNI.

Dalam laporan tersebut, Hadi memiliki lima aset tanah dan bangunan dengan nilai variatif, dari termurah Rp50 juta sampai termahal Rp4 miliar yang tersebar di Malang, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Nilai keseluruhannya mencapai Rp6,97 miliar.

Dalam laporan itu, Hadi Tjahjanto disebutkan memiliki beberapa kendaraan, di antaranya mobil Toyota Kijang 2004 senilai Rp85 juta, Toyota Kijang Innova Minibus 2015 senilai Rp245 juta, Honda CR-V Jeep 2009 senilai Rp154 juta, dan satu unit motor Honda 2002 senilai Rp2,45 juta. Total nilai seluruhnya mencapai Rp486,4 juta.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini juga memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp1,905 miliar, surat berharga sebesar Rp3 miliar, serta kas dan setara kas sebesar Rp8.204.458.278.

Dari total kekayaan tersebut, Hadi Tjahjanto diketahui tidak memiliki catatan utang. Apabila nilai harta kekayaan Hadi diakumulasikan, mencapai Rp20.565.908.278.

Baca Juga: Harta Kekayaan Zulkifli Hasan Rp32 Miliar, Tidak Punya Utang!

2. Harta Kekayaan Zulkifli Hasan mencapai Rp32 miliar

Zulkifli dan Hadi Resmi Masuk Kabinet Jokowi, Mana yang Lebih Tajir?Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara, menurut e-LHKPN, Zulkifli Hasan memiliki total kekayaan mencapai Rp32 miliar. Pria yang akrab disapa Zulhas ini juga diketahui tak memiliki utang.

Harta itu dilaporkan Zulhas pada 27 Maret 2022. Dia melaporkan hartanya sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Dalam laporan itu, Zulhas juga tercatat memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan. Delapan di antaranya berada di kawasan Jakarta Timur, sementara satu lainnya ada di Bogor, Jawa Barat dengan total nilai mencapai Rp12 miliar.

Zulhas juga tercatat memiliki harta bergerak berupa dua mobil Toyota Alphard dengan nilai Rp1,1 miliar. Harta bergerak lain yang dia laporkan senilai Rp1,5 miliar.

Selain itu, Zulhas juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp4,9 miliar, kas atau setara kas lainnya senilai Rp12 miliar.

Total kekayaan Zulhas pada tahun ini sebesar Rp32.810.882.791.

3. Hadi dan Zulkifli dilantik berdasarkan Keputusan Presiden

Zulkifli dan Hadi Resmi Masuk Kabinet Jokowi, Mana yang Lebih Tajir?Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebagaimana diketahui, pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 64/B Tahun 2022, tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna abu-abu, dasi merah, peci hitam, dan masker, Jokowi memimpin jalannya pelantikan. Dia meminta dua menteri tersebut mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, akan setia kepada UUD 1945 serta menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya