Comscore Tracker

Tambah 6 Pasien Positif, Kasus Virus Corona di Kaltim Jadi 30

Sehari sebelumnya bertambah dua pasien COVID-19

Samarinda, IDN - Angka penderita virus corona di Kalimantan Timur melonjak hari ini. Bila sehari sebelumnya ada 24 kasus, kini bertambah enam pasien positif COVID-19 baru, sehingga menjadi 30 orang terkonfirmasi positif virus mematikan itu.

Sementara, dua pasien baru pada Sabtu (4/4) berasal dari klaster ijtima Gowa dan satunya tak terlibat dengan klaster mana pun. Namun pasien tersebut punya riwayat perjalanan dari India dan Singapura pada pertengahan Maret lalu.

1. Kasus virus corona di Kaltim menjadi 30

Tambah 6 Pasien Positif, Kasus Virus Corona di Kaltim Jadi 30Ilustrasi (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak membenarkan penambahan enam kasus COVID-19 di Kaltim. Kendati, dia belum bisa memberikan keterangan lengkap mengenai detail enam kasus yang baru itu.

“Iya benar, sesuai data pusat ada 30 kasus positif di Kaltim,” ujar Andi, saat dikonfirmasi lewat telepon, Ahad (5/4) sore.

Tambah 6 Pasien Positif, Kasus Virus Corona di Kaltim Jadi 30(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Negatif COVID-19, 1 PDP Meninggal di Kaltim Dimakamkan Sesuai Protokol

2. Klaster ijtima Gowa bertambah satu orang

Tambah 6 Pasien Positif, Kasus Virus Corona di Kaltim Jadi 30Petugas ambulans membawa seorang pasien COVID-19 di Rumah Sakit Severo Ochoa, Leganes, Spanyol, pada 26 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Susana Vera

Sebelumnya, ada dua kasus baru pada Sabtu (4/4), sehingga total positif COVID-19 di Kaltim menjadi 24 orang.

Satu pasien baru itu berasal dari klaster ijtima Gowa dan satu lainnya tak terlibat dengan klaster mana pun. Namun pasien tersebut punya riwayat perjalanan dari India dan Singapura pada pertengahan Maret lalu.

Keduanya dirawat di dua rumah sakit berbeda. Pasien dari kasus klaster ijtima Gowa diisolasi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, sementara satu pasien lagi di RSUD Kudungga Sangatta, Kutai Timur.

“Kami masih menyelidiki lagi dari mana penambahan kasus positif baru ini,” kata Andi, Sabtu.

3. Ijtima Gowa berpotensi menjadi klaster baru di Kaltim

Tambah 6 Pasien Positif, Kasus Virus Corona di Kaltim Jadi 30Petugas medis memindahkan pasien COVID-19 dari ambulans ke fasilitas kesehatan di Kirkland, Washington, Amerika Serikat, pada 24 Maret 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder)

Andi sebelumnya menyebutkan, ijtima di Gowa, Sulawesi Selatan, berpotensi menjadi klaster baru penularan virus corona. Dinas Kesehatan Kaltim tengah melacak peserta kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa yang semula direncanakan 19-22 Maret 2020, namun batal.

Total peserta asal Kaltim sebanyak 1.642 orang. Sementara jumlah keseluruhan peserta dari 31 provinsi di Indonesia sebanyak 18.698 orang. Angka itu belum ditambah dengan partisipan dari 12 negara, 474 orang.

“Untuk saat ini belum bisa disebut klaster, sebab baru satu pasien dinyatakan positif dari kegiatan ini. Akan tetapi potensinya selalu ada, mengingat peserta dari Kaltim kabarnya juga banyak,” ucap Andi pada 1 April lalu.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Ada 1.100 Peserta Ijtima Gowa Asal Kaltim Belum Tes Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya