Comscore Tracker

2 Remaja SMP Tewas di Danau Bekas Lubang Tambang Batu Bara Kaltim

Danau itu bekas lubang tambang yang luput dari reklamasi

Samarinda, IDN Times - Lubang bekas tambang di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur kembali memakan korban. Dua remaja SMP diduga tenggelam di lubang bekas tambang dan tewas di tempat pada Minggu, 6 September 2020 lalu. Lubang tambang tersebut berlokasi di Desa Krayan Makmur, Kecamatan Long Ikis. 

Anggota Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Paser Putu Budi mengatakan, total ada enam remaja yang bermain di lubang bekas tambang yang menjadi danau itu, namun 4 orang berhasil diselamatkan dan 2 tewas.  

“Total semuanya  ada enam orang, dua yang jadi korban (kehilangan nyawa). Semuanya murid SMP di Tanah Grogot,” ujar Putu Budi saat dikonfirmasi, Senin (7/9/2020) malam.

Baca Juga: 39 Nyawa Melayang di Lubang Bekas Tambang, Ini Kata Dinas ESDM Kaltim

1. Danau itu dulunya bekas tambang batu bara

2 Remaja SMP Tewas di Danau Bekas Lubang  Tambang Batu Bara KaltimIlustrasi lubang bekas tambang (Dok.IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, dua korban yang meninggal itu berinisial MR (14) dan MAP (14). Sementara empat lainnya yang jadi saksi adalah AB (14), MHI (14), MI (14), dan MRS (14).

Dari keterangan kawan-kawan korban, kata Budi, keenamnya berangkat dari Grogot siang hari dan sampai danau biru jelang sore. Danau ini memang langganan warga sekitar sebagai lokasi wisata. Padahal sejatinya danau itu merupakan lubang bekas tambang yang luput dari reklamasi.

“Informasi yang kami terima itu demikian, lubang bekas tambang (batu bara),” kata Budi.

2. Sempat terjadi tarik-menarik sebelum dua korban tenggelam

2 Remaja SMP Tewas di Danau Bekas Lubang  Tambang Batu Bara KaltimPetugas BPBD Paser saat mengangkat salah satu korban meninggal di danau yang diduga bekas tambang di Desa Krayan Makmur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser pada 6 September 2020 (Dok. BPBD Paser/Istimewa)

Enam sekawan ini kemudian menikmati pemandangan yang memikat namun mematikan. Kemudian mereka berencana mengambil rakit yang berada di tengah danau. Mendekati rakit, dua kawannya yang menyusul dari belakang tak kuat mengayuh kaki dan sempat kehabisan napas karena kelelahan.

Kedua korban lalu berusaha menolong bersama kawannya yang lain. Namun ketiganya tanpa pelampung.

“Terjadi tarik-menarik yang menyebabkan kedua korban tenggelam dan tidak tertolong,” sebutnya.

Baca Juga: Lagi! Jatuh Korban ke-37 di Lubang Bekas Tambang Batu Bara di Kaltim

3. Dari catatan Jatam Kaltim sudah 39 orang kehilangan nyawa di lubang bekas tambang

2 Remaja SMP Tewas di Danau Bekas Lubang  Tambang Batu Bara KaltimPetugas BPBD Paser saat mengangkat salah satu korban meninggal di danau yang diduga bekas tambang di Desa Krayan Makmur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser pada 6 September 2020 (Dok. BPBD Paser/Istimewa)

Setelah menerima informasi tersebut, BPBD langsung bergerak mengevakuasi korban di lokasi. Saat ditemukan, kedua korban sudah kehilangan nyawa.

Dari catatan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim, sudah 39 orang kehilangan nyawa di bekas lubang tambang yang tersebar di Benua Etam.

“Korban maupun saksi langsung dilarikan ke rumah sakit untuk dapatkan perawatan,” pungkasnya.

Baca Juga: 37 Nyawa Hilang di Lubang Tambang, ESDM Kaltim: Itu Kan Versi Jatam

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya