Sudah Sedot Triliunan Rupiah, Banjir di Samarinda Masih Terjadi

Dewan sebut banjir Samarinda adalah kegagalan visi wali kota

Samarinda, IDN Times - Persoalan banjir di Samarinda, Kalimantan Timur, bukan barang baru, saban tahun digaransi terjadi. Dan paling merasakan dampaknya itu masyarakat. Seharusnya pemerintah lebih peka dengan kondisi tersebut. Demikian dikatakan Ketua Komisi III DPRD Samarinda Angkasa Jaya saat dikonfirmasi IDN Times pada Rabu (27/5) sore.

“Masalah banjir itu dari dulu gak pernah tuntas. Tergantung keseriusan (goodwill) pemerintah saja lagi,” ujarnya.

1. Demi atasi persoalan banjir di Samarinda, pemerintah sudah menghabiskan triliunan rupiah

Sudah Sedot Triliunan Rupiah, Banjir di Samarinda Masih TerjadiBanjir di Bengkuring, Samarinda Utara, yang hingga saat ini masih melanda permukiman warga. (IDN Times/Yuda Almerio)

Demi atasi banjir di ibu kota Kaltim dana yang dikeluarkan tak sedikit. Jumlahnya triliunan bahkan dilengkapi dengan perencanaan mitigasi, namun hasilnya dirasa tak maksimal. Data dihimpun IDN Times, pada 2008 lalu, Pemkot Samarinda sempat mendapat kucuran dana Rp602 miliar dari Pemprov Kaltim.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kaltim, sejak 2014 anggaran banjir dari Pemprov Kaltim berkisar antara Rp40–60 miliar. Ditambah lagi, suntikan dana banjir dari pusat. Namun ujungnya, genangan tetap menghantui hingga menjadi momok bagi masyarakat.

Pada 2015, Pemkot Samarinda mengalokasikan anggaran sebesar Rp278,54 miliar. Duit sebanyak itu digunakan pembangunan kolam retensi, normalisasi saluran drainase, pembangunan pintu air dan pembangunan bendungan pengendali (bendali).

Kemudian pada 2016, dana kembali diturunkan. Pemkot Samarinda mengalokasikan Rp131,7 miliar. Duit tersebut dipakai untuk pembuatan drainase dan pengerukan Polder Gang Indra, Jalan Pangeran Antasari.

Bahkan, tahun lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menetapkan Samarinda masuk dalam daftar 20 daerah rawan banjir di Indonesia. Kabar baiknya, tahun ini, Pemprov Kaltim kembali membantu Samarinda mengatasi banjir dan bakal masuk proyek strategis nasional (PSN). Utamanya pengerukan di Sungai Karang Mumus (SKM).

“Jangan sampai lagi Pemkot Beralasan tak ada anggaran dan masterplan banjir itu sampai sekarang gak ada kisahnya,” imbuhnya.

2. Hingga saat ini belum ada kepala daerah yang mampu atasi banjir di Samarinda

Sudah Sedot Triliunan Rupiah, Banjir di Samarinda Masih TerjadiSungai Karang Mumus (IDN Times/Yuda Almerio)

Dia menegaskan persoalan banjir ini harus dikerjakan bersama, Pemkot dan DPRD Samarinda, bukan ego sektoral. Namun hingga saat ini niat tersebut tampakpnya belum bisa terwujud. Senada dengan pengentasan masalah banjir yang hingga sekarang belum ada kepala daerah yang berhasil mewujudkannya.

“Bakal calon jangan sekadar nafsu jadi penguasa, persoalan banjir ini harus selesai dengan solusi dan aksi,” katanya.

Baca Juga: Kezia, Perempuan Relawan Kemanusiaan saat Musibah Banjir di Samarinda

3. Selain pembangunan drainase dan pengerukan SKM, memindahkan Samarinda jadi solusi atasi banjir

Sudah Sedot Triliunan Rupiah, Banjir di Samarinda Masih TerjadiSungai Karang Mumus (IDN Times/Yuda Almerio)

Terpisah, Anhar, yang juga legislator dari Komisi III DPRD Samarinda menyebut jika banjir di Kota Tepian merupakan bentuk kegagalan visi dan misi dari kepala daerah. Itu sebab dirinya mengusulkan agar dilakukan audit publik terhadap anggaran banjir di Samarinda. Dengan demikian bisa diketahui penggunaannya ke mana saja. Tapi ingat yang dilibatkan itu akuntan publik tepercaya.

“Masalah di Samarinda ini kompleks, gak hanya satu. Selain banjir, longsor dan juga dikepung areal pertambangan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, selain pembangunan drainase, pengerukan dan relokasi SKM, ada juga ide pemindahan ibu kota provinsi ke daerah lain. Misalnya kawasan Samarinda Utara, Samarinda Seberang, Palaran hingga Loa Janan.

“Mau dipindah di mana saja tak menjadi soal, yang penting jauh dari banjir dan penataannya lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga: Banjir Tiga Hari, Pemkot Tetapkan Status Samarinda Tanggap Darurat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya