Comscore Tracker

Angin Puting Beliung Jombang Rusak Puluhan Rumah Warga

Satu orang dirawat di rumah sakit

Jombang, IDN Times - Angin puting beliung merusak puluhan rumah warga di Dusun Puri A, Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Bencana puting beliung itu terjadi pada Kamis sore (25/11/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Selain merusak rumah warga, angin kencang di wilayah setempat juga merusak fasilitas umum di desa tersebut.

"Benar mas, telah terjadi bencana alam angin puting beliung tadi sore. Saat ini anggota kami bersama TNI dan BPBD berada di lokasi untuk melakukan pendataan serta membantu masyarakat terdampak bencana tersebut," kata Kapolsek Plandaan, Inspektur satu (Iptu) Pranan dihubungi IDN Times, Kamis malam (25/11/2021).

1. Sebelumnya terjadi hujan deras disertai angin 

Angin Puting Beliung Jombang Rusak Puluhan Rumah WargaRumah warga Purisemanding Kecamatan Plandaan Jombang rusak diterjang angin puting beliung. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Jombang, termasuk Kecamatan Plandaan diguyur hujan deras. Tiba-tiba angin berhembus kencang dan langsung merusak atap rumah warga. tiba-tiba angin kencang merusak atap rumah warga. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Peristiwa ini terjadi saat cuaca di Plandaan hujan deras kemudian tiba-tiba angin kencang yang mengakibatkan terjadinya bencana alam puting beliung. Alhamdulillan, laporan awal tidak ada korban jiwanya," kata Pranan.

Baca Juga: Dihantam Puting Beliung, Belasan Bangunan di Aceh Timur Rusak

2. Sebanyak 25 rumah milik warga rusak

Angin Puting Beliung Jombang Rusak Puluhan Rumah WargaRumah warga Purisemanding Kecamatan Plandaan Jombang rusak diterjang angin puting beliung. IDN Times/Istimewa

Setelah kejadian tersebut, lanjut Pranan, anggota kepolisian bersama TNI dan BPBD serta pemerintah desa setempat datang ke lokasi membantu warga sekaligus melakukan pendataan warga yang terdampak bencana. Berdasarkan data yang diterima IDN Times hingga pukul 19.30 WIB, sebanyak 25 rumah rusak disapu angin puting beliung. Rumah itu mengalami kerusakan sedang hingga berat.

Sebanyak 25 rumah tersebut milik Sutoyo; Jakop; Legiman; Pateni; Abdulah; Sumiati warga RT 003 RW 001 Dusun Puri A Desa Purisemanding. Kemudian rumah milik Kasim; Milan; Simen; Sisup; Keto; Samin; Sedang; Nawi; Taseman; Sulis; Depri; Gutomo; Agung; Kardiman; Karmin; Wahyu; Suwarji; Sutik; Sudiyono.

"Ya, data awal saat ini ada sekitar 25 bangunan rumah yang rusak akibat puting beliung ini. Semoga tidak ada tambahan lagi," kata mantan KBO Satresnarkoba Polres Jombang tersebut.

3. Puting beliung juga rusak  musala dan satu orang masuk RS

Angin Puting Beliung Jombang Rusak Puluhan Rumah WargaRumah warga Purisemanding Kecamatan Plandaan Jombang rusak diterjang angin puting beliung. IDN Times/Zainul Arifin

Selain merusak puluhan bangun rumah, bencana alam tersebut juga merusak fasilitas umum, yakni musala Darus Salam yang berada di RT 005 RW 003 Dusun Puri A Desa Purisemanding. Tak hanya itu, satu orang juga mengalami luka hingga harus dirawat di rumah sakit. Korban luka itu atas nama Samiyanto (42) warga setempat.

"Korban luka ringan pada jari tangannya, sekarang dirawat di RSUD Ploso. Untuk kerugian materill akibat kejadian ini diperkirakan Rp200 juta," pungkas Pranan.

Baca Juga: Depok Dihantam Puting Beliung hingga Utang BLBI Keluarga Bakrie

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Berkarya dan berbuat baik, enjoy aja lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya