Ayah Joddy Akui Suruh Anak Hapus Video Instastory Setelah Kecelakaan

Alasannya tak ingin buat gaduh

Jombang, IDN Times - Terhapusnya instastory Instagram sopir Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya setelah kecelakaan maut terjadi terungkap di sidang lanjutan perkara tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Jombang, Jawa Timur, Kamis (10/2/2022). Terdakwa Joddy menghapus instastory setelah kecelakaan tersebut karena disuruh ayahnya Tubagus Endang Lesmana.

Hal tersebut diakui Tubagus Endang Lesmana dalam keterangannya sebagai saksi saat dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Jombang. Dalam kesaksiannya, ia mengaku meminta Joddy agar segera menghapus instastory-nya sesaat setelah kecelakaan terjadi.

"Saya yang menyuruhnya (menghapus instastory) yang mulia," ujarnya.

1. Alasannya tak ingin membuat gaduh

Ayah Joddy Akui Suruh Anak Hapus Video Instastory Setelah KecelakaanAyah Tubagus Joddy saat sidang perkara kecelakaan Vanessa Angel di PN Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Tubagus Endang Lesmana mengaku tak ingin membuat gaduh masyarakat dengan adanya video yang diduga dibuat saat Joddy tengah menyetir. "Karena waktu itu saya panik, saya tidak ingin membuat gaduh saja," ucapnya.

Saat didesak hakim mengapa ia berbuat demikian, dengan sedikit terbata-bata, ayah Joddy menyebut jika ia tidak ingin banyak masyarakat melihat video dalam instastory anaknya. "Supaya tidak banyak orang melihat," katanya.

Baca Juga: Berkasnya Masih di Kejari Jombang, Joddy Dapat Pengacara dari Negara

2. Video Instastory Joddy tentang kondisi jalan sepi

Ayah Joddy Akui Suruh Anak Hapus Video Instastory Setelah KecelakaanPemutaran rekaman CCTV detik-detik kecelakaan Vanessa Angel di Tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Tubagus Endang mengakui sempat melihat video yang diunggah di Instasory anaknya itu. Dalam video tersebut, Joddy mengambil gambar mengenai kondisi jalan tol yang mereka lewati. Saat ditanya hakim mengenai berapa kecepatan Joddy pada saat itu, Tubagus Endang Lesmana tak tahu karena tidak terlihat speedometernya.

"Tidak tahu yang mulia, karena tidak terlihat kilometernya (spidometer). Setirnya juga tidak terlihat. Tapi perasaan saya 70 persen dia (Joddy) yang menyetir. Video itu hanya memperlihatkan kondisi jalan," tegasnya.

3. Kecepatan mobil Vanessa Angel saat kecelakaan adalah 129 km/jam

Ayah Joddy Akui Suruh Anak Hapus Video Instastory Setelah KecelakaanPolisi memeriksa kendaraan Vanessa di Satlantas Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Sementara itu, dua ahli dari Polri yang dihadirkan untuk dimintai keterangannya yakni Bripka Bagus Bayu Afriyanto dan Bripka Tri Agus Ariyanto mengaku telah melakukan proses olah TKP dengan metode TAA (Traffic Acident Analysis). Bahkan, dari proses tersebut, petugas dapat membuat simulasi kecelakaan yang melibatkan mobil Vanessa Angel. Tidak hanya itu, dari metode TAA tersebut, juga diketahui berapa perkiraan kecepatan mobil yang disopiri Joddy, saat terjadinya kecelakaan.

"Dari hasil analisa dapat diketahui jika kecepatan mobil adalah 129 Km/jam hingga terjadi tumbukan," kata Bripka Bagus.

Dalam kesempatan tersebut, ahli juga sempat menyuguhkan video simulasi terjadinya kecelakaan mobil Vanessa. Dari simulasi itu diketahui, mobil Vanessa sempat berputar dua kali usai terjadi tumbukan dengan guard tail jalan tol hingga akhirnya terhenti dengan moncong mobil berbalik arah.

Selain menjelaskan simulasi kecelakaan mobil, kedua petugas juga sempat menjelaskan kondisi jalan tol di TKP. Mereka menyebut, di area TKP ada gelombang yang disebabkan adanya sambungan jalan dengan jembatan diatas sungai. Sehingga, jika terjadi overspeed, maka mobil yang melintas dapat meloncat.

"Jalan agak berbelok dan bergelombang, karena ada sungai sehingga ada sambungan, kalau overspeed, mobil bisa meloncat," ujarnya.

Artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi meninggal dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang KM 672+300 masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan BandarKedungmulyo, Kamis (4/11/2021) siang.

Mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpanginya menabrak beton pembatas jalan tol di sebelah kiri. Sopirnya Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) dan anaknya GL (1,7) dan asisten rumah tangga Siska Lorensa (21) mengalami luka dan selamat.

Baca Juga: Ayah Joddy Sebut Anaknya Konten Kreator Vanessa Angel, Bukan Sopir 

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya