BPCB Ekskavasi Situs Pandegong Selama 10 Hari di Jombang

Situs Pandegong diduga bangunan suci masa Hindu

Jombang, IDN Times - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mulai melakukan ekskavasi situs pandegong yang berlokasi di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ekskavasi tersebut dilakukan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) serta Pemerintah Desa setempat, Jumat (12/11/2021).

Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Kabupaten Jombang, Dian Yunita Sari mengungkapkan, ekskavasi itu dilakukan sebagai bentuk pelestarian cagar budaya situs bersejarah pandegong serta memberikan nilai edukasi dan kesejahteraan masyarakat.

"Harapan kami akan ada manfaat edukasi terhadapa situs yang ada, dan pengembangannya untuk kesejahteraan masyarakat sekitar, umumnya masyarakat Jombang hingga menjadi obyek wisata," ungkap Dian.

1. Ekskavasi 10 hari dianggarkan Rp62,5 juta

BPCB Ekskavasi Situs Pandegong Selama 10 Hari di JombangEkskavasi situs Pandegong di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Dian mengatakan, ekskavasi situs Pandegong tersebut dimulai hari ini hingga rencana masa kerja 10 hari ke depan. Selama masa ekskavasi itu, Dian menyebut, anggaran yang disiapkan sebesar Rp62,5 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2021.

"Kami mengawali ekskavasi terhadap situs pande gong dengan anggaran dari APBD 2 sekitar Rp 62,5 juta untuk 10 hari kedepan, dan setelahnya akan dilaporkan kelanjutannya dari temuan BPCB," ujar Dian.

Baca Juga: Kecelakaan di Tol Jombang, Vanessa Angel Berencana ke Surabaya

2. Ekskavasi untuk mencari denah situs Pandegong

BPCB Ekskavasi Situs Pandegong Selama 10 Hari di JombangEkskavasi situs Pandegong di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha BPCB Jawa Timur, Kuswanto mengatakan timnya tengah mencari bukti dan temuan baru untuk mengungkap situs pandegong. Bukti bukti itu seperti denah, bangunan atau struktur yang masih ada sehingga diketahui luas yang sebenarnya di situ itu untuk dilakukan pelestarian kedepannya dengan teknik ekskavasi.

"Tahap awal ini untuk mencari bukti-bukti atau temuan baru di situs Pande Gong ini. Sehingga kedepannya akan dapat dilakukan pelestarian," ujar Kuswanto.

3. Bangunan karakteristik situs Pandegong seperti tempat suci

BPCB Ekskavasi Situs Pandegong Selama 10 Hari di JombangEkskavasi situs Pandegong di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Kuswanto mengatakan dengan estimasi waktu singkat selama 10 ke depan, tim BPCB Jawa Timur akan berfokus pada ketepatan keluasan dan struktur bangunan situs itu. Ia menambahkan, hingga saat ini, dirinya masih belum mengetahui secara pasti asal usul situs pande gong. Hanya saja, jika dilihat dari tekstur batu bata yang ada, situs pandegong termasuk tempat suci yang diduga banguann suci di masa hindu.

"Dari karakteristik batu bata besar, situs ini seperti tempat suci yang jika di Jawa Timur ini berada di abad 14-15.Namun secara detil ini ada di masa kerajaan apa, yang ini nanti sebisa mungkin kita ungkap," ujarnya menutup.

Baca Juga: Cerita Penolong Anak Vanessa Angel saat Kecelakaan di Tol Jombang

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya