Ekskavasi Situs Pandegong Jombang Temukan Potongan Arca Nandiswara

Ditemukan pada kedalaman 3 meter 

Jombang, IDN times - Ekskavasi tahap kedua yang dilakukan tim arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Situs Pandegong di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang berbuah hasil. Mereka menemukan sebuah fragmen arca. Arca itu ditemukan tertimbun tanah pada kedalaman sekitar tiga meter saat penggalian struktur bangunan.

1. Temukan fragmen potongan badan arca Nandiswara 

Ekskavasi Situs Pandegong Jombang Temukan Potongan Arca NandiswaraPenemuan potongan arca Nandiswara di situs Pandegong Mojowarno Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Arkeolog BPCB Jatim, Albertus Agung Vidi Susanto mengatakan tim ekskavasi berhasil membuka struktur yang sudah terbuka yang terdapat susunan batu bata sedalam 3 meter. Nah, pada eskavasi tahap dua hari ke 8, tim menemukan fragmen potongan badan arca Nandiswara di sisi timur laut.

"Kemarin kita temukan arca yang diindikasi berkaitan dengan arca yang kita temukan sebelumnya, yaitu arca Nandiswara. Kita temukan di kedalaman sekitar 3 meter di sisi timuran laut," kata Vidi kepada wartawan di lokasi ekskavasi, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga: BPCB Ekskavasi Situs Pandegong Selama 10 Hari di Jombang

2. Arca Nandiswara merupakan tokoh penjaga pintu

Ekskavasi Situs Pandegong Jombang Temukan Potongan Arca NandiswaraPenemuan potongan arca Nandiswara di situs Pandegong Mojowarno Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Ia mengatakan, fragmen potongan arca yang ditemukan tersebut berbahan batu andesit dan diduga semasa Hindu. Ia menyebut, fragmen arca berbentuk setengah badan Nandiswara itu diduga potongan dari kepala Nandiswara yang ditemukan sebelumnya. Menurut Vidi, arca nandiswara, salah satu tokoh penjaga pintu. Memiliki permukaan belakang arca yang kasar dan adanya relung pada sisi barat candi yang terlihat kosong.

"Letak arca nandiswara ini juga biasanya dipasang berpasangan dengan arca Mahakala, konsepnya biasanya di kanan kiri. Jadi sudah kita temukan lengkap, arca Nandiswara dan Mahakala," katanya menjelaskan.

3. Karya arca nandiswara gaya seni Jawa Tengah

Ekskavasi Situs Pandegong Jombang Temukan Potongan Arca NandiswaraPenemuan potongan arca Nandiswara di situs Pandegong Mojowarno Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Narasumber Tim Budaya BPCB Jatim, Ismil Lutfi menambahkan, karya arca Nandiswara yang telah ditemukan, cendurung tampak terlihat memiliki gaya seni dari Jawa Tengah.

"Seni arca yang kami temukan ini terlihat bukan pada masa tumapel ataupun masa Majapahit, akan tetapi lebih menonjol pada gaya seni ala Jawa Tengahan," ujarnya.

Arkeolog BPCB Provinsi Jawa Timur dibantu warga kembali melakukan ekskavasi situs Pandegong di Persawahan Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Penggalian arkeologi tahap dua itu dilaksanakan selama 10 hari mulai 16 sampai 25 Maret 2022. Tujuannya untuk menemukan bagian timur dan selatan candi, serta isi sumur suci yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 masehi.

Baca Juga: Ekskavasi 10 Hari, Situs Pandegong Jombang Tampak 70 persen 

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya