Jenazah Bayi Laki-laki Dibuang di Depan Gedung Juang Nganjuk

Jenazah bayi di dalam tas jinjing

Nganjuk, IDN Times - Masyarakat Kelurahan Kauman, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan jenazah bayi jenis kelamin laki-laki di depan gedung juang 45, jalan Dr Soetomo, kelurahan setempat, Rabu (1/9/2021). Kuat dugaan, jenazah bayi tersebut sengaja dibuang oleh ibunya.

Kasi humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto menyatakan bahwa kasus penemuan mayat bayi laki-laki itu sekitar pukul 08.00 WIB dan kini masih didalami oleh Satuan Reskrim Polres Nganjuk untuk bisa mengungkap pelakunya.

"Masih penyelidikan, petugas telah melakukan olah TKP dan memeriksa saksi-saksi yang ada di lokasi," kata Supriyanto dalam keterangannya, Rabu (1/9/2021), siang.

1. Jenazah bayi di dalam tas jinjing 

Jenazah Bayi Laki-laki Dibuang di Depan Gedung Juang NganjukPetugas olah TKP temuan jenazah bayi di depan gedung juang 45 Nganjuk. IDN Times/Istimewa

Supriyanto mengatakan kronologi kasus penemuan mayat bayi itu berawal dari pegawai kebersihan gedung juang 45, Purwanto (42), melihat tas jinjing tergeletak di aliran air (parit) depan teras gedung Juang 45. Purwanto beranggapan di dalam tas ada mainan yang tertinggal. Lantas, pria asal Desa Balongrejo Kecamatan Bagor tersebut mengecek tas Jinjing berwarna merah biru kombinasi loreng tersebut.

"Jadi, saksi ini berniat ingin melihat apa isi tas Jinjing tersebut, setelah dibuka ternyata isinya bayi yang terbungkus tas plastik (kresek) dalam keadaan meninggal dunia," ujarnya.

Baca Juga: Miris! Pembuang Jenazah Bayi di Sumobito Jombang adalah Siswi SMP

2. Jenazah bayi dalam kondisi telanjang 

Jenazah Bayi Laki-laki Dibuang di Depan Gedung Juang NganjukPetugas olah TKP temuan jenazah bayi di depan gedung juang 45 Nganjuk. IDN Times/Istimewa

Mengetahui ada bayi di dalam tas itu, Purwanto kemudian memanggil rekan kerjanya, Muksin Siva (25). Setelah dipastikan di dalam tas itu adalah mayat bayi, Muksin lalu melaporkannya ke kepolisian setempat.

"Bayi ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia, kondisinya tanpa busana atau telanjang," jelasnya.

3. Bayi berumur satu hari diduga anak tak dihendaki 

Jenazah Bayi Laki-laki Dibuang di Depan Gedung Juang NganjukPetugas olah TKP temuan jenazah bayi. IDN Times/Istimewa

Supriyanto menambahkan setelah dilakukan proses evakuasi, untuk selanjutnya dilakukan autopsi di Rumah Sakit Bhayangkara, Nganjuk. Dari keterangan medis menyebutkan mayat bayi dengan jenis kelamin laki-laki tersebut, diduga sudah lahir satu hari.

"Bayi jenis kelamin laki-laki tersebut diperkirakan berumur satu hari yang diduga bayi tersebut tidak dikehendaki kelahirannya," ujarnya.

Baca Juga: Siswi SMP di Jombang Buang Bayi, Kenal Pelaku Pria dari Grup WhatsApp

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya