Jokowi Sebut Keteladanan Kiai Wahab Terus Abadi dan Menjadi Inspirasi

Haul 50 Tahun KH Abdul Wahab Chasbullah di Jombang

Jombang, IDN Times - Presiden Joko Widodo secara virtual menghadiri peringatan 50 Tahun ulama pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Haji Abdul Wahab Chasbullah yang digelar di Masjid Jami' Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Selasa (22/6/2021) malam.

Pantauan IDN Times, Hadir juga secara daring Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj. Sementara hadir langsung di acara tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua PWNU Jatim Kiai Haji Marzuki Mustamar, penceramah Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah serta sejumlah ulama dan keturunan Kiai Wahab Chasbullah.

"Kita mengenal beliau sebagai ulama besar, inisiator, pendiri dan penggerak jamiyah Nahdlatul ulama. Kiai yang memiliki wawasan luas berpandangan modern jauh ke depan dengan cita-cita besar dan mulia," kata Jokowi dalam pidato sambutannya.

1. Keteladanan Kiai Wahab akan terus abadi menjadi inspirasi

Jokowi Sebut Keteladanan Kiai Wahab Terus Abadi dan Menjadi InspirasiHaul 50 Tahun KH Abdul Wahab Chasbullah. IDN Times/ Zainul Arifin

Jokowi mengungkapkan, Kiai Wahab juga dikenal sebagai sosok ulama pejuang mengajarkan cinta tanah air, Hubbul Wathan Minal Iman, menggelorakan semangat kebangsaan dan selalu berjuang untuk tegaknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

"Keteladanan kiai haji Abdul Wahab Chasbullah akan terus abadi menjadi inspirasi bagi kita semuanya. Terutama dalam menghadapi kondisi bangsa seperti saat ini," ungkap Presiden Jokowi.

2. Jokowi yakin melewati ujian masa sulit dengan kemenangan

Jokowi Sebut Keteladanan Kiai Wahab Terus Abadi dan Menjadi InspirasiPresiden Jokowi virtual haul 50 tahun pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Di masa sulit akibat pandemik COVID-19 yang belum bisa diketahui masa berakhirnya, melalui doa para kiai dan ulama, terutama yang hadir di acara itu, Jokowi meyakini bangsa Indonesia mampu melewati masa-masa sulit saat ini.

"Saya yakin dengan berbekal doa para kiai, para habaib dan para alim ulama, dengan ikhtiar seluruh masyarakat kita akan mampu melewati ujian, melewati cobaan yang sulit ini dengan kemenangan," ujarnya.

3. Haul disiarkan di 275 channel YouTube

Jokowi Sebut Keteladanan Kiai Wahab Terus Abadi dan Menjadi InspirasiBupati Jombang Mundjidah Wahab di acara haul KH Abdul Wahab Chasbullah. IDN Times/Zainul Arifin

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, menyampaikan, pelaksanaan haul malam itu berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Selain menggunakan protokol kesehatan secara ketat karena masih dalam suasana COVID-19, acara tersebut disiarkan langsung melalui YouTube. Rencana awal di 50 channel YouTube, ternyata hingga mencapai 250 channel dan belakangan mencapai 275 channel yang terdaftar di panitia haul malam itu.

"Masih banyak lagi yang ingin menyaksikan. Semoga tabarukan dan takdzimah pada almahfurlah KH Abdul Wahab Chasbullah ini akan menjadi energi positif bagi generasi penerus cita-cita almaghfurlah kiai Wahab," jelas putri kiai Wahab tersebut.

Baca Juga: Pesantren di Jombang Minta Santri dari Zona Merah Tunda Balik

4. Khofifah ziarah ke makam Kiai Wahab

Jokowi Sebut Keteladanan Kiai Wahab Terus Abadi dan Menjadi InspirasiGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan piagam penghargaan kepada putri Kiai Wahab. IDN Times/Zainul Arifin.

Dalam acara tersebut, Gubernur Khofifah tidak memberikan sambutan. Dia bersama keturunan Kiai Wahab dan sejumlah kiai meresmikan Asosiasi Youtuber Santri Indonesia atau disingkat AYSI. Khofifah menyebut salah satu kedatangannya ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum untuk ziarah ke makam Kiai Wahab Chasbullah yang berlokasi di kawasan pondok pesantren tersebut.

Baca Juga: Tour Nusantara, Giring Ziarah ke Makam Kiai Wahab di Jombang

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya