KAI Dan Pencinta Kereta Kampanye Protokol Kesehatan di Stasiun Jombang

Kampanye menggunakan alat peraga
Jombang, IDN Times - PT KAI dan para pencinta kereta api atau railfans mengampanyekan protokol kesehatan COVID-19 di Stasiun Jombang, Minggu (27/9/2020). Salah satu tujuannya adalah untuk mengedukasi pemumpang kereta api agar membiasakan diri melakukan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, aksi tersebut juga untuk memperingati HUT ke-75 KAI.

1. Kampanye gunakan alat peraga berisi imbauan protokol kesehatan

KAI Dan Pencinta Kereta Kampanye Protokol Kesehatan di Stasiun JombangKampanye Prokes di Stasiun Jombang. IDN Times/Zainul Arifin
Pantauan IDN Times, kegiatan diikuti puluhan anak muda pencinta KA, sejumlah petugas stasiun, serta anggota TNI. Mereka memegang alat peraga berisi imbauan sekaligus menyosialisasikan protokol kesehatan yang harus dilakukan para pelanggan.
 
“Dalam kegiatan ini kami juga membagi-bagikan masker secara gratis kepada para pelanggan KA di Stasiun Jombang yang saat itu tidak membawa masker,” kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko di lokasi.

2. KAI sebut transportasi kereta paling aman penularan COVID-19

KAI Dan Pencinta Kereta Kampanye Protokol Kesehatan di Stasiun JombangKampanye Prokes dan bagi masker. IDN Times/Zainul Arifin
Ixfan menyebut, kereta api menjadi moda transportasi yang lebih aman dari penularan virus corona ketimbang yang lainnya. Sebab, protokol kesehatan yang diterapkan sudah sangat ketat sejak awal.
 
Setiap pelanggan KA jarak jauh diharuskan menyertakan surat keterangan bebas COVID-19 atau surat keterangan nonreaktif bagi pelanggan yang menggunakan rapid test. Pelanggan yang akan naik KA juga harus dalam keadaan sehat. KAI juga memberikan face shield kepada kepada pelanggan KA jarak jauh.
 
"Kemudian pelanggan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak saat di stasiun maupun selama perjalanan. Selain itu, KAI menyediakan wastafel portabel dan hand sanitizer di titik-titik strategis stasiun dan untuk menjaga pelanggan tetap higienis," ujarnya.

Baca Juga: Libur Agustusan dan Suro, Daop 7 Madiun Operasikan KA Brantas

3. 4.665 penumpang ikuti rapid test di stasiun wilayah Daop 7

KAI Dan Pencinta Kereta Kampanye Protokol Kesehatan di Stasiun JombangHumas Daop 7, Ixfan Hendriwintoko. IDN Times/Zainul Arifin
Untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, lanjut dia, pihak KAI juga menyediakan layanan rapid test dengan biaya murah dibeberapa stasiun. Antara lain di Stasiun Madiun, Jombang, Blitar, Kertosono, dan Kediri.
 
“Sampai saat ini sudah 4.665 orang pelanggan yang melakukan tes rapid di stasiun-stasiun tersebut,” imbuhnya.
 
“Kami terus mengampanyekan gerakan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak kepada seluruh pelanggan dan pegawai,” lanjutnya.
 

4. Railfans selalu mendukung kegiatan KAI

KAI Dan Pencinta Kereta Kampanye Protokol Kesehatan di Stasiun JombangPecinta KA kampanye Prokes. IDN Times/Zainul Arifin
Sementara itu, Cahyo Nugroho, salah seorang railfans menyampaikan bahwa dirinya bersama teman komunitasnya selalu mendukung kegiatan yang berkaitan dengan KAI. Mulai membantu saat posko lebaran, natal, tahun baru, hingga sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang.
 
"Kami selalu mendukung kegiatan KAI yang berisifat sosial dan positif. Semoga kegiatan yang dilakukan dapat bermanfaat bagi orang lain, khususnya pelanggan KA," ujar koordinator railfans Jombang tersebut.

Baca Juga: Dampak COVID-19, Perjalanan 2 Kereta Api yang Lewat Daop 7 Dibatalkan

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya