Kecelakaan Beruntun 5 Kendaraan di Jombang Tewaskan Pemotor

Korban tewas kecelakaan saat antar anak ke sekolah

Jombang, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas beruntun melibatkan lima kendaraan di Jombang, Jawa Timur menewaskan seorang pengendara sepeda motor, Senin (10/1/2022). Kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Prof Muh Yamin Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Jombang diduga akibat rem blong pada kendaraan truk tronton sehingga menabrak empat unit kendaraan di depannya, pada Senin (10/1/2022).

1. Kejadian bermula dari truk trailer diduga rem blong saat berada di lampu merah

Kecelakaan Beruntun 5 Kendaraan di Jombang Tewaskan PemotorKecelakaan beruntun di jalan Prof Muh Yamin Pandanwangi Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Informasi yang didapat IDN Times menyebutkan, sekitar pukul 09.20 WIB truk trailer bernopol H 1508 MF melaju dari arah timur Kecamatan Diwek menuju ke arah Jombang Kota. Setibanya di simpang empat Pandanwangi, lampu traffic light menyala merah. Nah, pada saat lampu menyala merah, truk yang dikemudikan Hafik Ardi Ramandika (30) warga Japanan, Kecamatan Gudo, Jombang tersebut tidak berhenti dan menabrak kendaraan di depannya.

"Truknya dari timur tapi seperti tidak bisa berhenti, tiba-tiba beberapa kendaraan yang baris saat lampu merah itu tertabrak," kata Maisyaroh (49) warga setempat yang sempat mengetahui kronologi kecelakaan itu, pada Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Berkas Kecelakaan Vanessa Angel di Tol Jombang Dinyatakan Lengkap

2. Terjadi tabrakan empat kendaraan

Kecelakaan Beruntun 5 Kendaraan di Jombang Tewaskan PemotorPolisi olah TKP kecelakaan beruntun di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut warga, truk trailer tersebut menabrak mobil Daihatsu Granmax nopol L 1652 BQ yang saat itu tepat berhenti di depannya. Hantaman keras mengakibatkan granmax yang dikemudikan Deni Afrian Yudistiar (22) warga Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Jombang itu terdorong ke depan lalu menabrak mobil di depannya Honda Mobilio nopol L 1370 ECA dikemudikan Heru Purnomo (59) asal Jalan Panglima Sudirman, Pare, Kabupaten Kediri.

Kemudian, Mobilio itu menabrak dua unit kendaraan sepeda motor yang berhenti di depannya. Yakni sepeda motor honda beat nopol S 3162 ZQ dikendarai Adi Martalia (20) warga Desa Gajah, Kecamatan Ngoro dan motor honda PCX nopol S 6841 OBB dikendarai Andi Rahmawan (39) membonceng Hana Andinita (13) asal Diwek, Jombang.

"Beruntung saya tahu ada kejadian itu, reflek motor saya arahkan ke kiri dan akhirnya selamat. Kalau korban setahu saya tadi yang naik motor ada 1 orang dan dua berboncengan dan yang nyetir meninggal keseret sampe ke depan, di dalam truk ada dua orang, dan yang di mobil satunya 1-2 orang karena bawa barang-barang tadi kayaknya," kata Alimin, saksi mata yang selamat dalam insiden tersebut.

3. Pengendara motor meninggal di tempat

Kecelakaan Beruntun 5 Kendaraan di Jombang Tewaskan PemotorPetugas kepolisian bersama warga evakuasi korban laka beruntun di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Akibat tertabrak kendaraan honda Mobilio warna putih, pengendara motor Honda PCX, Andi Rahmawan yang saat itu hendak mengantar anaknya sekolah terseret hingga masuk ke bawah kolong mobil.

Andi meninggal dunia di tempat dengan luka serius bagian tubuhnya. Sedangkan anaknya yang dibonceng Hana Anindita menderita luka-luka dan dilarikan ke RSUD Jombang untuk perawatan medis. Kecelakaan itu juga mengakibatkan pengendara motor beat Adi Martalia mengalami luka ringan.

"Kecelakaan lalu lintas di jalan raya Muh Yamin mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua orang luka ringan," kata Kasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto dalam keterangannya, Senin sore, (10/2022).

Ia menambahkan, petugas unitlaka Satlantas Polres Jombang melakukan olah tempat kejadian perkara dan menggali keterangan saksi yang mengetahui peristiwa maut tersebut. Petugas kepolisian juga mengamankan kendaraan yang terlibat laka ke kantor Satlantas untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan maut tersebut. Namun, dugaan awal karena rem blong pada kendaraan truk trailer.

"Anggota kami sudah olah TKP dan kendaraan yang terlibat laka kita amankan untuk proses penyidikan lebih lanjut," pungkasnya.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel di Tol Jombang Jatim

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya