Pasutri Bangkalan Dirawat di Jombang, Pemkab Dalami Ada Varian Baru

Dinyatakan positif setelah menjalani swab PCR

Jombang, IDN Times - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang, dr. Pudji Umbaran membenarkan pihaknya tengah merawat dua orang pasien warga asal Bangkalan, Madura yang dicurigai varian baru COVID-19. Dua orang positif merupakan temuan tim dari Satgas COVID-19 Kabupaten Jombang yang melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap orang yang masuk ke Kabupaten setempat.

"Pasien dari Bangkalan Madura, betul ada yang saat ini kami rawat di ruang isolasi RSUD Jombang," kata Pudji Umbaran dikonfirmasi IDN Times, Rabu (9/6/2021).

1. Mereka pasutri positif COVID-19 hasil Swab PCR 

Pasutri Bangkalan Dirawat di Jombang, Pemkab Dalami Ada Varian BaruRSUD Jombang. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Pudji mengungkapkan, mereka dirawat di rumah sakit pelat merah tersebut mulai Selasa malam (8/6/2021). Hasil swab PCR, keduanya positif terinfeksi virus corona. Belum diketahui asal muasal pasutri itu terpapar COVID-19.

"(Pasien) Suami istri. Sudah kami lakukan pemeriksaan tes PCR, hasilnya Positif (COVID-19)," jelas ketua bidang penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang tersebut.

2. Dicurigai varian baru COVID-19

Pasutri Bangkalan Dirawat di Jombang, Pemkab Dalami Ada Varian Baruidn media

Pudji menyampaikan, sampel kedua pasien positif tersebut telah dikirim ke  Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Timur. Upaya itu dilakukan untuk mengetahui apakah mereka mebawa virus varian baru. Sebab, banyak ditemukan warga Bangkan yang diduga positif varian baru COVID-19.

"Karena dari Bangkalan, maka kecurigaan varian baru tetap ada dan saat ini sampel sedang diperiksa oleh Labkesda Propinsi Jawa timur untuk memastikan apakah varian baru atau bukan," imbuhnya.

Baca Juga: Eri Minta Camat Mendata Warga yang Berpergian ke Bangkalan

3. Satgas COVID-19 Kabupaten tingkatkan pengawasan 

Pasutri Bangkalan Dirawat di Jombang, Pemkab Dalami Ada Varian BaruJubir Satgas COVID-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Sementara itu, tim Satgas COVID-19 Kabupaten Jombang meningkatkan pengawasan dan pemantauan terhadap orang yang datang atau masuk ke Jombang. Pengawasan dan pemantauan ditingkatkan karena akhir-akhir ini di sejumlah daerah mengalami lonjakan angka kasus yang sangat signifikan.

"Sebenarnya tidak hanya Bangkalan, daerah daerah yang saat ini ada peningkatan kasus convirm seperti kudus, lamongan termasuk dari pulau madura. Pemantauan dan pengawasan oleh satgas covid di tingkat desa," kata Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno kepada IDN Times melalui WhatsApp.

Baca Juga: COVID-19 Bangkalan: 190 Kasus Aktif, BOR Capai 84 Persen 

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya