Comscore Tracker

PPKM Darurat, Pesanan Karangan Bunga Belasungkawa di Jombang Meningkat

Sehari layani 50 pesanan

Jombang, IDN Times - Pandemik memukul berbagai sektor usaha. Namun, di tengah melonjaknya kematian akibat COVID-19 belakangan terakhir, ternyata ada sektor usaha yang justru mengalami peningkatan, yakni toko karangan bunga.

Salah satunya toko karangan bunga, di Jombang, Jawa Timur yang kebanjiran pesanan, terutama sejak diterapkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 3 Juli 2021 lalu.

1. Sehari layani 50 pesanan karangan bunga papan

PPKM Darurat, Pesanan Karangan Bunga Belasungkawa di Jombang MeningkatPengerjaan pesanan karangan bunga belasungkawa di toko Linda Flower. IDN Times/Zainul Arifin di

Karmanto (27), salah seorang pegawai toko bunga Linda Flowers di jalan RE Martadinata, Kepatihan, Jombang mengatakan, banyaknya orderan karangan bunga papan ucapan bela sungkawa, membuat pihaknya kewalahan melayani. Lantaran pesannya mendadak dan harus segera selesai.

Dalam satu hari bahkan ada 50 buah pesanan yang masuk untuk dikerjakan. Jumlah itu meningkat drastis dibanding sebelum pandemik COVID-19.

"Sekarang pesanan meningkat, biasanya 15 sampai sampai 20 karangan bunga, kalau sekarang minimal 30 sampai 50 pesanan dalam 1 hari. Ya, akhir-akhir ini memang banyak orang meninggal sih," kata Karmanto, ditemui di sela merangkai bunga untuk karangan bunga ucapan belasungkawa, Sabtu (24/7/2021).

2. Paling banyak ucapan duka cita in

PPKM Darurat, Pesanan Karangan Bunga Belasungkawa di Jombang MeningkatPengerjaan pesanan karangan bunga belasungkawa di toko Linda Flower. IDN Times/Zainul Arifin di

Dia mengungkapkan, kebanyakan karangan bunga yang digarap ialah ucapan bela sungkawa atau duka cita ditujukan kepada warga yang meninggal karena COVID-19.

"Peningkatan drastis itu sejak ada PPKM darurat COVID-19. Pembelian bisa melalui online, WhatsApp atau pemesan datang langsung ke toko," ungkap dia.

Baca Juga: Jalan Desa Pacarpeluk Jombang Ditutup Usai 8 Orang Kena COVID-19

3. Pengiriman hingga luar daerah 

PPKM Darurat, Pesanan Karangan Bunga Belasungkawa di Jombang MeningkatPengerjaan pesanan karangan bunga belasungkawa di toko Linda Flower. IDN Times/Zainul Arifin di

Tidak hanya dari dalam kota, Karmanto menyebut, pesanan juga banyak datang dari luar Kabupaten Jombang. Soal harga, pihak toko mematok antara Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Semua pesanan tersebut dikerjakan sesuai permintaan dari pembeli.

"Harga mulai dari Rp500 ribu, Rp1,5 juta, ada yang Rp2 juta. Pengiriman area Jombang, Mojoagung hingga Mojokerto," terangnya.

Selain melayani ucapan bela sungkawa, pihaknya juga melayani karangan bunga ucapan selamat dan pernikahan. Namun permintaan kategori itu, saat ini tak semengkilat permintaan karangan bunga bela sungkawa. Lantaran kegiatan seremonial hingga pernikahan dibatasi. Terkadang malah tidak diperbolehkan seperti saat ini

Data COVID-19 di Kabupaten Jombang yang diunggah di laman Dinas Kesehatan setempat tertanggal 24 Juli 2021 jam 15.00 WIB, terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 8.179 kasus dengan rincian sebanyak 5.602 sembuh, 656 pasien masih dirawat di beberapa rumah sakit, 950 orang menjalani isolasi mandiri dan 964 orang meninggal dunia.

Baca Juga: PPKM Darurat, Penjual Karangan Bunga Banjir Pesanan Duka Cita

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya