Pria di Jombang Habisi Nyawa Istri Lantaran Cemburu

Mereka sering cekcok beberapa waktu terakhir

Jombang, IDN Times - Penyidik kepolisian masih terus mendalami peristiwa pembunuhan sadis yang dilakukan Safa'at (49) terhadap istrinya Estuningati (48) di rumahnya Dusun Ngenden, Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Dugaan awal, Safa'at tega menghabisi nyawa istrinya karena faktor cemburu.

1. Pelaku pulang dari bekerja di luar negeri 

Pria di Jombang Habisi Nyawa Istri Lantaran CemburuPelaku saat diamankan di Polsek Mojowarno. IDN Times/Zainul Arifin

Kapolsek Mojowarno Jombang, AKP Yogas mengungkapkan pelaku pernah bekerja di luar negeri. Selama berada di luar negeri, Safa'at sering mengirim uang ke istrinya untuk kebutuhan keluarga serta ditabung. Namun, semenjak Safa'at pulang ke rumah sekitar empat bulan lalu, pasutri yang memiliki empat orang anak itu sering bertengkar.

"Ya, (pelaku) pernah bekerja di luar negeri. Peristiwa diawali dari cekcok (pertengkaran) antara pelaku dengan istrinya," kata Yogas dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (1/8/2020).

2. Uang kiriman dari luar negeri tidak jelas rupanya 

Pria di Jombang Habisi Nyawa Istri Lantaran CemburuPolisi menunjukkan barang bukti yang diamankan dari pelaku. IDN Times/Polsek Mojowarno

Permasalahan pasutri itu muncul ketika Safa'at menanyakan perihal uang kiriman dari hasil jerih payahnya selama berada luar negeri. Sebab, tidak jelas rupa atau peruntukannya. Ketika ditanya, sang istri selalu menghindar dan tidak bisa memberikan penjelasan secara gamblang atau detail.

Hingga puncaknya pada Jumat malam (31/7/2020), pasutri itu bertengkar hebat. Pelaku naik pitam lalu membacok kepala dan leher istrinya beberapa kali dengan parang hingga meninggal dunia. Tak puas membantai istrinya, pelaku lalu mendatangi kamar anaknya Noval yang berada lantai 2 lalu membacok kepalanya.

"Kalau (uang) dihabiskan dengan pihak ketiga saya kurang tahu, yang jelas harta uang yang diperoleh dari kerja di luar negeri tidak jelas ke mana," kata Yogas.

Baca Juga: Pemkab Jombang Larang Anak dan Lansia Ikuti Salat Iduladha

3. Dugaan awal motif pembunuhan karena cemburu 

Pria di Jombang Habisi Nyawa Istri Lantaran CemburuPelaku di Mapolsek Mojowarno Jombang. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, penyidik kepolisian saat ini masih terus memeriksa pelaku guna mengetahui motif pembunuhan yang dilakukan pelaku. Dugaan awal, pelaku membantau istrinya dan melukai anaknya karena terbakar cemburu.

"Kalau dari informasi awal, suaminya ini cemburu. Jadi tersangka ini cemburu kepada istrinya. Apakah ada pria lain, ini masih kita dalami dulu, nanti informasi lebih jelasnya setelah penyidikan. (Barang bukti) ada sprei parang, KTP dan lainnya," kata Agung.

Saat ini tersangka ditahan di Mapolres Jombang. Kasus pembunuhan yang awalnya ditangani Polsek Mojowarno, kini telah dilimpahkan penanganannya ke Satreskrim Polres Jombang. Polisi menjerat tersangka dengan pasal 340 SUBS 338 SUBS 351 KUHP.

Diberitakan sebelumnya, Sri Estuningsih ditemukan tergetak tak bernyawa di kamar dengan luka serius di leher dan kepala. Sri dibunuh suaminya sendiri dengan senjata golok. Selain itu, suaminya juga melukai anak keduanya Noval yang berada di dalam kamar di lantai 2 rumahnya. Noval dibacok bapaknya dengan golok mengenai kepala dan punggung. Namun, nyawa Noval selamat.

Jenazah Sri Estuningsih lalu dibawa ke RSUD Jombang untuk diautopsi. Sedangkan Noval yang kritis, dilarikan ke RSKM (Rumah Sakit kristen Mojowarno) untuk mendapatkan perawatan. Sementara pelaku, malam itu langsung diamankan anggota Polsek Mojowarno

Baca Juga: Diduga Dibunuh Suami, Perempuan di Jombang Tewas dengan Luka di Leher

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya