Comscore Tracker

Ramadan, Pesanan Batu Nisan di Jombang Meningkat

Sehari kerjakan 100 batu nisan

Jombang, IDN Times - Hampir semua usaha terdampak pandemik COVID-19. Tapi, tidak bagi usaha kerajinan batu nisan yang dijalankan Heru Purwanto. Bahkan, selama wabah virus corona melanda, omzetnya meningkat drastis. Sebab, selama bulan suci Ramadan,  banyak masyarakat yang ingin memperbaiki makam keluarganya yang telah wafat.

"Sudah sekitar tiga tahun saya tekuni usaha pembuatan batu nisan ini. Tapi meledaknya dua tahunan ini karena online dibantu istri," kata pria berusia 41 tahun tersebut, Kamis pagi (15/4/2021).

Saat ditemui di rumah sekaligus tempat usahanya di Dusun Pengalangan, Desa Alangalang Caruban, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Heru menceritakan, memulai usahanya dari pembuatan nisan untuk orangtuanya yang meninggal. Setelah itu tetangganya minta bantuan untuk dibuatkan nisan hingga berkembang sampai saat ini.

1. Pesanan nisan naik

Ramadan, Pesanan Batu Nisan di Jombang MeningkatPembuatan batu nisan di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Heru menuturkan, omzetnya meningkat drastis menjelang Ramadan.

"Sebelum puasa, pesanan paling banyak 30-40 nisan perhari. Kalau bulan-bulan mau puasa dan sampai puasa ini pesanan dalam sehari sampai 100 nisan. Kemarin sempat tertunda 300 pesanan,” tutur Heru.

2. Satu hari kerjakan 100 biji nisan 

Ramadan, Pesanan Batu Nisan di Jombang MeningkatPembuatan batu nisan di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Pesanan karyanya datang dari berbagai daerah. Tak hanya Jombang, karyanya juga dijual ke daerah lain seperti Gresik, Tulungagung, Jember dan Cepu.

"Yang membantu ini semuanya masih saudara, dalam sehari harus dapat memenuhi pesanan dengan target satu hari menyelesaikan 100 biji nisan dan yang nantinya harus siap dikirim ke alamat pemesan,” ujarnya.

Baca Juga: Siswa Madrasah di Jombang Belajar Tatap Muka di Ruang Terbuka

3. Harga batu nisan Rp200-Rp800 ribu 

Ramadan, Pesanan Batu Nisan di Jombang MeningkatPembuatan batu nisan di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Heru mengungkapkan, Batu nisan yang ia tawarkan harganya bervariasi, mulai dari harga Rp200 ribu hingga Rp800 ribu per biji. Seiring dengan naiknya jumlah pesanan, dalam satu bulan dirinya dapat mendapat keuntungan bersih Rp20 juta hingga Rp30 juta.

“Kalau harga bervariasi tergantung dari model yang diminta, paling murah Rp200 ribu. Selain saya jual langsung sama pemesan saya juga kirim barang ke toko-toko yang ada,”ungkapnya.

Heru mengaku bersyukur atas usaha yang digelutinya selama tiga tahun ini berhasil diminati masyarakat. Menurut dia, ini merupakan berkah bagi dia dan keluarganya di bulan ramadan.

Baca Juga: Berkah, Pesanan Mahkota Kubah di Jombang Naik Dua Kali Lipat

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya