Comscore Tracker

Rumah di Jombang Terbakar, Kakek 67 Tahun Tewas

Diduga karena korsleting listrik
Jombang, IDN Times - Nasib tragis menimpa Kanapi Munadi (67) warga Dusun Mlaten, Desa Gadungmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Selasa (1/12/2020). Ia meninggal setelah gagal diselamatkan dari rumahnya yang ludes terbakar. Tidak hanya itu, bangunan rumah yang ditempatinya juga ludes dilahap si jago merah.
 
"Ya, kebakaran di rumah warga yang diketahui pukul 09.15 WIB mengakibatkan satu orang meninggal dunia," kata Kapolsek Perak Iptu Dwi Retno dikonfirmasi IDN Times usai melakukan olah TKP.

1. Titik api diketahui muncul dari kamar korban

Rumah di Jombang Terbakar, Kakek 67 Tahun TewasPetugas melakukan olah TKP. IDN Times/Zainul Arifin
Informasi yang didapat, sehari-hari rumah yang terbakar dihuni Kanapi bersama istrinya Rochani (64). Saat kejadian, Rochani sedang memasak di dapur sedang suaminya berada terbaring di dalam kamar karena tidak bisa berjalan. 
 
Tiba-tiba, Rochani melihat asap dari kamar Kanapi. Sontak Rochani panik lalu menggedor pintu kamar yang ada titik api dan asap tersebut dengan maksud untuk membuka pintu kamar yang di dalam ada suaminya. Namun upaya itu tidak berhasil.
 
"Istri korban membuka pintu kamar namun tidak bisa, karena Rochani tidak bisa membuka pintu dan tidak kuat menahan banyaknya asap yang semakin tebal dan banyak lalu ia keluar rumah," kata polisi wanita yang akrab disapa Retno tersebut. 
 

2. Dua kamar terbakar karena korsleting

Rumah di Jombang Terbakar, Kakek 67 Tahun TewasIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Sochani yang berhasil keluar rumah, lalu meminta pertolongan kepada tetangga sekitar. Seorang warga bernama Hadi Santoso lalu masuk ke dalam rumah dan berusaha menolong kakek Kanapi yang masih terjebak di dalam kamar. Namun, kepulan asap yang tebal disertai dengan kobaran api membuat Santoso tidak berhasil membuka kamar Kanapi. 

"Saudara Hadi Santoso datang dan masuk ke dalam rumah menuju kamar yang terbakar dan karena banyak asap, dia lalu keluar karena tidak kuat," jelas mantan Kanit perlindungan perempuan dan anak Satreskrim Polres Jombang tersebut.

Dua kamar yang ada di dalam rumah tersebut hangus terbakar. Retno menyebut, dugaan sementara penyebab kebakaran karena korsleting listrik. "Untuk dugaan sementara, kebakaran terjadi karena korsleting listrik," tandas Retno.

Baca Juga: Tabrakan Maut Sepeda Motor di Jombang, 2 Tewas dan 1 Kritis

3. Korban meninggal hangus terbakar di dalam kamar

Rumah di Jombang Terbakar, Kakek 67 Tahun TewasIlustrasi Kamar Mayat (IDN Times/Sukma Shakti)
Tak lama kemudian, petugas Pemadam Kebakaran dari BPBD Jombang tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman api. Kendati si jago merah berhasil dipadamkan, namun nyawa pemilik rumah tak bisa diselamatnya. Dia meninggal hangus terbakar (terpanggang) di dalam kamarnya.
 
"Korban ditemukan meninggal di dalam kamar dengan kondisi tubuhnya penuh luka bakar (gosong) akibat terbakar api," katanya.
 
Di lokasi kejadian, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya sisa kayu yang terbakar, sisa kabel listrik yang terbakar, 1 buah botol bekas oli yang terdapat sisa bahan bakar premium.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Kain di Tulungagung, Kerugian Rp500 Juta

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya