Comscore Tracker

Siswa Madrasah di Jombang Belajar Tatap Muka di Ruang Terbuka

Dilakukan pada jam kosong

Jombang, IDN Times - Kegiatan pembelajaran tatap muka bagi siswa sekolah dasar (SD), Sekolah menengah pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Jombang telah dimulai sejak 6 April 2021 lalu. Salah satu yang sudah melaksanakan belajar tatap muka adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3, Kabupaten Jombang. Uniknya, aktivitas belajar tatap muka itu tidak hanya dilakukan di dalam ruangan sekolah, tetapi juga di ruang terbuka dalam lingkungan madrasah setempat.

1. Belajar tatap muka di ruang terbuka 

Siswa Madrasah di Jombang Belajar Tatap Muka di Ruang TerbukaGuru memberikan pengarahan pada siswa yang belajar tatap muka di ruang terbuka

Pantauan IDN Times, sebagian siswa madrasah di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas tersebut belajar tatap muka di ruang terbuka lingkungan sekolah. Pembelajaran tatap muka dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat lantaran masih dalam kondisi pandemik COVID-19.

Para siswa duduk bersila di tanah yang beralaskan karpet. Mereka duduk berjarak sekitar 1 meter sembari membawa sebuah buku. Sedangkan gurunya berdiri di depan mengajarkan mata pelajaran. Baik guru maupun siswanya memakai masker guna mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga: Berkah, Pesanan Mahkota Kubah di Jombang Naik Dua Kali Lipat

2. Pembelajaran di ruang terbuka dilakukan saat jam kosong

Siswa Madrasah di Jombang Belajar Tatap Muka di Ruang TerbukaKepala MTsN 3 Jombang, M. Syuaib. IDN Times/Zainul Arifin

Kepala MTsN 3 Jombang, M. Syuaib mengungkapkan pembelajaran di ruang terbuka itu dilakukan ketika jam kosong. Kegiatan seperti itu, kata Syuaib, sudah berlangsung lama sebelum terjadi pandemik COVID-19. Di ruang terbuka itu, guru mengisi pelajaran khusus keagamaan.

"Itu sudah berjalan lama, ketika jam kosong, siswa keluar kelas di ruang terbuka yang sudah kita siapkan lalu diisi pelajaran oleh salah satu guru," kata Syuaib ditemui di madrasah tersebut.

3. Belajar ruang terbuka mengatasi Kejenuhan di ruang kelas

Siswa Madrasah di Jombang Belajar Tatap Muka di Ruang TerbukaGuru memberikan pengarahan pada siswa yang belajar tatap muka di ruang terbuka

Dia menyebut, kegiatan itu merupakan inovasi dari madrasah setempat untuk mengatasi kejenuhan siswa saat berada di ruang kelas. Selain untuk menghilangkan kejenuhan, siswa dapat menemukan inspirasi mengembangka ide kreatifnya di alam terbuka. Yang jelas, kata dia, sangat berdampak positif.

"Ada pembelajaran di ruang terbuka ini dampaknya sangat positif. Kan juga untuk menghilangkan kejenuhan saat belajar di ruang kelas. Alhamdulillah selama ini tidak ada kendala. Kegiatan di ruang terbuka ini waktunya sekitar 30 menitan," jelasnya.

Sementara terkait belajar tatap muka di ruang kelas, Syuaib menyampaikan telah berjalan cukup baik sesuai dengan anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan. Pembelajaran dilakukan secara terbatas dengan sistem sif.

Baca Juga: Kab.Madiun Zona Merah, Belajar Belajar Tatap Muka Terancam Tertunda 

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya