Comscore Tracker

Warga Jombang Tangkap Ular Sanca 4 Meter di Tengah Banjir

Ular berkeliaran di permukiman penduduk

Jombang, IDN Times - Saat banjir melanda, warga Jombang dihebohkan dengan munculnya seekor ular sanca sepanjang 4 meter yang berkeliaran di tengah permukiman penduduk. Selanjutnya, warga ramai-ramai menangkap binatang reptilia tersebut dan memasukkannya ke dalam sangkar. Peristiwa itu terjadi di Dusun Betek barat, Desa Betek, Kecamatan Mojojagung, Kabupaten Jombang, pada Jumat sore (2/4/2021).

"Ular sudah kami tangkap dan disimpan di dalam sangkar ini. Karena ularnya besar, jadi ditangkap ramai-ramai," kata Zainul Arifin (35) salah satu warga yang menangkap ular saat ditemui di lokasi penangkapan.

1. Awalnya ular muncul di sungai gunting 

Warga Jombang Tangkap Ular Sanca 4 Meter di Tengah BanjirWarga menangkap ular sanca kembang dari halaman rumah. IDN Times/Zainul Arifin

Zainul pertama kali melihat ular itu muncul ke permukaan sungai gunting desa setempat. Ia pun memberanikan diri untuk mengejarnya. Di saat itu, kata dia, sedang ada anak-anak mandi di sungai. Zainul pun meminta mereka untuk berhenti berenang dan naik ke permukaan sungai.

"Setelah muncul, ularnya saya cari hilang lagi. Tapi, tidak lama kemudian, ular itu kembali muncul ke permukaan dan saya kejar lagi untuk menangkapnya," terangnya.

Baca Juga: Ular Sanca di Tebet Lilit Sepeda Motor, Hampir 1 Jam Tak Bisa Dilepas

2. Ular menyerang dan tertangkap di teras rumah warga 

Warga Jombang Tangkap Ular Sanca 4 Meter di Tengah BanjirWarga menangkap ular sanca kembang dari halaman rumah. IDN Times/Zainul Arifin

Lantaran ularnya berukuran panjang dan besar, dia memanggil meminta bantuan warga sekitar untuk menangkapnya. Ternyata, saat hendak ditangkap, ular melawan dan berusaha menyerang. Agar tidak melukai, warga menangkapnya  menggunakan tali. Upaya itu pun berhasil. Ular raksasa itu kemudian dimasukkan ke dalam sangkar milik warga.

"Penangkapan ular di teras rumah, pas banjir. Yang menangkap 6 orang, karena ularnya berat jadi tidak bisa sendiri. Ularnya sempat menyerang, kemudian ditangkap menggunakan tali," tuturnya.

3. Ular diduga terbawa arus sungai dari Wonosalam

Warga Jombang Tangkap Ular Sanca 4 Meter di Tengah BanjirUlar sanca kembang yang ditangkap masukkan ke dalam sangkar. IDN Times/Zainul Arifin

Dia memperkirakan, ular itu memiliki panjang sekitar 4 meter dan beratnya 30 kilogram. Zainul menduga ular itu terbawa arus sungai dari daerah Wonosalam, Jombang. Seperti diketahui, pada Kamis malam (1/4/2021) hingga dini hari, beberapa desa di Mojoagung, Jombang tergenang banjir akibat luapan sungai Gunting aliran dari daerah Wonosalam.

"Selama ini, di sini tidak ada hewan ternak yang hilang. Kemungkinan ular ini bersal dari Wonosalam, terbawa arus sungai yang deras saat banjir. Ular sanca ini rencananya akan saya jual mas," pungkas dia.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah tentang Ular Derik, Ular Berbisa yang Berisik

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya