Warga Temukan Setengah Karung Koin Kuno di Jombang

Ditemukan saat menggali pondasi rumah

Jombang, IDN Times - Sejumlah pekerja bangunan yang sedang menggali tanah untuk pondasi rumah di Desa Betek selatan, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Jombang, menemukan benda kuno di dalam galian tersebut. Benda itu berupa pecahan bata, kendi, keris, hingga ratusan koin yang diduga harta karun peninggalan nenek moyang. Praktis, temuan itu menyedot perhatian warga sekitar.

"Di sini ditemukan beberapa objek dan cagar budaya seperti pecahan gerabah, uang kuno, dan keris dan beberapa benda lainnya. Sudah saya laporkan ke atasan mulai dari Kasi cagar budaya dan permuseuman serta Kabid kebudayaan, Disdikbud Jombang agar dikomunikasikan ke BPCB untuk ditinjau lebih detail lagi," kata Davi Widodo, Koordinator Juru Pelaksana Situs Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang di lokasi penemuan, Kamis (20/5/2021).

1. Temukan pecahan bata di kedalaman 10 meter 

Warga Temukan Setengah Karung Koin Kuno di JombangBeberapa koin kuno dimasukkan timba. IDN Times/Zainul Arifin

Informasi yang diperoleh IDN Times, benda kuno itu ditemukan secara tidak sengaja saat pekerja bangunan sedang menggali tanah untuk pondasi rumah Suyitno, warga setempat, Kamis (20/5/2021) siang. Penggalian pertama di kedalaman sekitar 10 sentimeter, ditemukan pecahan bata yang terkena cangkul.

"Awal mula, kami menggali lobang pondasi rumah. Dan ketika menggali, ditemukan pecahan bata kendi. Kedalaman awal sekitar 10 sentimeter lebih dikit," kata Sertu Sulis Ariyanto anggota Koramil Mojoagung, Jombang sekaligus kakak ipar pemilik lahan yang saat itu juga ikut membantu melakukan penggalian lahan di lokasi tersebut.

2. Temukan koin kuno setengah karung plastik 

Warga Temukan Setengah Karung Koin Kuno di JombangLokasi galian pondasi rumah temuan koin kuno. IDN Times/Zainul Arifin

Meski telah menemukan pecahan bata yang diduga benda purbakala, penggalian tetal dilanjutkan. Pada kedalaman 20 meter lebih, kembali menemukan koin-koin bulat. Benda-benda itu lalu diambil dan dimasukkan ke dalam timba dan karung plastik dengan jumlah sebanyak tiga timba dan setengah karung.

"Pada kedalaman setengah meter kami banyak menemukan uang koin. Koin itu (di dalam galian) terkumpul jadi satu tanpa pembungkus. Mungkin tempatnya (pembungkus) sudah termakan usia," kata Sulis menjelaskan.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Jombang Tolak Omnibus Law di Jombang, 1 Orang Ditangkap

3. Warga juga menemukan keris dan cincin tertera tahun 900 Masehi

Warga Temukan Setengah Karung Koin Kuno di JombangMenunjukkan koin kuno yang masih bercampur tanah. IDN Times/Zainul Arifin

Selain koin, di lokasi itu juga ditemukan benda lain berupa keris, pisau serta mata tombak. Benda kuno itu lalu dikumpulkan menjadi satu dan disimpan sementara di salah satu rumah warga di samping lokasi temuan. Sementara itu, aktivitas penggalian pondasi yang mencapai kedalaman sekitar 50 sentimeter dihentikan sementara.

"Selain uang koin, ada keris lekuk sembilan, pisau besar, satu mata tombak yang mungkin kayunya termakan usia tinggal besinya saja, kemudian cincin dan kendi yang sudah pecah menjadi tiga potongan," ujarnya

Baca Juga: Deretan Harta Karun Ditemukan di Indonesia, Ada Senilai Rp1 Triliun 

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya