Yakin Raih 11 Juta Suara, Suharso Sebut Suara PPP Selama Ini Dipinjam

Ia ingin suara tersebut kembali

Jombang, IDN Times - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Manoarfa menegaskan bahwa partainya serius menghadapi pemilu tahun 2024 untuk meraih kejayaan pada pemilu tahun-tahun sebelumnya. Suharso menyampaikan itu saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2021 di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jatim

"Kesiapan pemilu 2024, PPP serius," ucap Suharso di hadapan sejumlah wartawan usai bertemu ketua DPW PPP Jawa Timur sekaligus Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Senin sore, (18/10/2021).

1. Napak tilas suara PPP yang dipinjam orang lain

Yakin Raih 11 Juta Suara, Suharso Sebut Suara PPP Selama Ini DipinjamKetua Umum DPP Suharso Monoarfa bersama pengurus PPP saat di Ponpes Bahrul Ulum Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Keseriusan itu dilakukan dengan sejumlah langkah. Suharso menyebut, langkah yang pertama adalah belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, di mana suara partai berlambang Ka'bah itu banyak dipinjam oleh partai lain sehingga perolehan suara partai merosot.

"Kita mulai menapak tilas suara-suara kita yang dipinjam orang lain, suara-suara yang dipinjam orang lain itu, kalau bisa kita minta kembali, dikembalikan," katanya.

2. Targetkan 11 juta suara kembali ke PPP 

Yakin Raih 11 Juta Suara, Suharso Sebut Suara PPP Selama Ini DipinjamKetua Umum DPP Suharso Monoarfa saat di Ponpes Bahrul Ulum Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Lewat platform hasil pemilu 1999 dan 2004, Suharso berhitung bahwa setidak-tidaknya suara-suara itu menjadi basis angka yang harusnya dicapai oleh PPP pada pemilu 2024. Karena, sebut Suharso, di dalam internal PPP juga pernah mengalami musibah di 2014 dan 2019. Yakni, dua ketua umum PPP pernah terjerat kasus korupsi. Sehingga saat itu membuat PPP agak terganggu.

"Kalau kita lihat tahun 1999 dan 2004 suara yang pernah dicapai PPP itu 11 juta lebih, kita berharap angka itu bisa kita capai di tahun 2024, minimal itu," jelas menteri PPN/Kepala Bappenas tersebut.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Ketum Parpol Koalisi, Ketum PPP Suharso Monoarfa Hadir

3. PPP siapkan daftar caleg 2024

Yakin Raih 11 Juta Suara, Suharso Sebut Suara PPP Selama Ini DipinjamKetua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa saat di Ponpes Bahrul Ulum Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Suharso mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah memiliki longlist (catatan panjang) daftar calon legislatif untuk pemilihan legislatif untuk tahun 2024 nanti. Catatan panjang tersebut diharapkan dapat mengembalikan 11 juta suara yang hilang.

"Kita sekarang sudah punya longlist daftar dari para caleg. Caleg-caleg sudah kita rekrut saat ini mulai dari kabupaten, kota dan provinsi. Cuma memang karena ada Muscab dan Muswil, akhir tahun ini kita sudah punya longlist. Lalu yang kedua kita tidak akan membiarkan kader-kader itu bertarung sesukanya di internal partau. Kita ingin pisahkan masing-masing itu supaya saling menambah (suara)," tutupnya.

Baca Juga: PPP Minta Umur Capres-Cawapres 2024 Tak Dipersoalkan

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya