Comscore Tracker

Gempar Kain Kafan Dicuri dari Makam di Jombang, Diduga untuk Pesugihan

Kain kafan itu diduga kuat milik jenazah Anis

Jombang, IDN Times - Warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang kembali dihebohkan dengan temuan kain kafan di samping salah satu rumah, Senin (21/9/2020).

Diduga, kain kafan tersebut berkaitan dengan peristiwa hilangnya sepotong kain kafan dari jenazah Anis Purwaningsih di pemakaman umum Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan setempat. Makam Anis sendiri dibongkar oleh orang tak dikenal, Minggu petang (20/9/2020).

1. Kain kafan ditemukan di samping rumah warga, berjarak 300 meter dari makam

Gempar Kain Kafan Dicuri dari Makam di Jombang, Diduga untuk PesugihanPetugas kepolisian menunjukkan bungkusan yang di dalamnya kain kafan. IDN Times/Zainul Arifin

Kapolsek Ngoro, Jombang, AKP Yanuar menuturkan, kain kafan tersebut secara tidak sengaja ditemukan seorang ibu rumah tangga bernama Kustiyah (55) di samping rumahnya sekitar pukul 10.30 WIB. Kain kafan itu ditemukan dalam keadaan terbungkus plastik warna hitam.

"Jarak makam ke samping rumah Bu Kustiyah 300 meter, kalau jarak dari makam ke rumah almarhumah 1 kilometer. Yang menemukan ya Bu Kustiyah," kata Yanuar kepada IDN Times.

2. Kain kafan terbungkus plastik yang di dalamnya ada patung

Gempar Kain Kafan Dicuri dari Makam di Jombang, Diduga untuk PesugihanPatung kuningan di dalam bungkusan. IDN Times/Zainul Arifin

Yanuar menerangkan, bungkusan plastik hitam itu juga dimasukkan ke sebuah tas berwarna biru. Petugas yang berada di lokasi kemudian membukanya dengan disaksikan warga dan pihak perangkat desa setempat. Ternyata di dalam tas itu juga terdapat sebuah patung yang terbuat dari kuningan. Bentuknya seperti bayi yang merangkak.

"Kain kafan tersebut dimasukkan dalam tas plastik warna hitam dan tas warna biru, setelah dibuka terdapat patung kuningan," katanya.

Baca Juga: Usai "Dimakamkan", Sunarto Malah Balik ke Rumah

3. Polisi gali keterangan keluarga dan perangkat desa

Gempar Kain Kafan Dicuri dari Makam di Jombang, Diduga untuk PesugihanPolisi membuka bungkusan berisi kain kafan. IDN Times/Zainul Arifin

Selanjutnya, kain kafan dan patung kuningan tersebut diamankan polisi untuk dijadikan sebagai bahan pendalaman lebih lanjut. Petugas juga telah memeriksa sejumlah saksi terkait pembongkaran makam dan hilangnya kain kafan milik Anis. Hanya saja, Yanuar belum bisa memastikan jumlah saksi yang telah dimintai keterangan. 

"Kami sudah minta keterangan dari keluarga almarhumah dan perangkat (desa)," ucapnya.

4. Polisi belum memastikan kelanjutan peristiwa pembongkaran makam Anis

Gempar Kain Kafan Dicuri dari Makam di Jombang, Diduga untuk PesugihanLokasi makam almarhum Anis yang dibongkar orang tak dikenal. IDN Times/Zainul Arifin

Polisi juga masih belum bisa memastikan apakah akan menindaklanjuti kasus pembongkaran makam Anis atau tidak. Sebab, keluarga tidak mempermasalahkan kasus tersebut.

"Lihat nanti ya, keluarga kan juga sudah tidak mempermasalahkan. Lihat nanti dulu ya," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang gempar setelah makam Anis Purwaningsih dibongkar oleh orang tak dikenal. Anis baru sehari meninggal dunia dan dimakamkan di sana. Dia meninggal tak lama setelah melahirkan lalu sepotong kain kafannya hilang dicuri.

Baca Juga: Geger! Makam Warga Jombang Dibongkar Orang, Sepotong Kain Kafan Hilang

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya