TNI AD Indonesia Borong 28 Emas Lomba Tembak Internasional

BANGGA! Mereka ungguli Australia dan Amerika Serikat

Kali ini bangsa Indonesia mendapat kabar baik dari TNI AD, yang membawa prestasi gemilang. Prestasi ini sekaligus membuktikan bahwa TNI AD milik Indonesia ini tak boleh diremehkan pihak asing dan menjadi pasukan militer terkuat di dunia.

Dikutip dari mediaindonesia.com dan news.detik.com, TNI Angkatan Darat menjadi juara umum lomba tembak antar angkatan darat yang digelar Royal Australian Army bertajuk Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM).

Lomba tembak AASAM 2017 ini digelar di Puckapunyal, Military Range, Victoria, Australia, dimulai dari 5-26 Mei 2017. TNI AD menorehkan prestasi gemilang sebagai juara umum dalam lomba tembak bergengsi itu.

"Selama berpartisipasi pada Lomba Tembak AASAM, TNI AD senantiasa menjadi juara umum sejak pertandingan di Puckapunyal 2008," ungkap pimpinan kontingen TNI AD di AASAM 2017, Letkol Inf Josep T Sidabutar dalam keterangan tertulis Dispenad, Sabtu (27/5/2017).

Dengan kekuatan Senjata Buatan PT Pindad, Indonesia Berjaya di kanca Internasional.

TNI AD Indonesia Borong 28 Emas Lomba Tembak Internasionalhttp://militermeter.com

Kontingen TNI AD yang dikirimkan dalam lomba tembak di Australia itu berjumlah 14 orang, 4 Official dan 10 petembak pada AASAM 2017 di bawah pimpinan Letkol Inf Josep T Sidabutar yang sehari-hari menjabat Kepala Staf Brigif Para Raider 17/Kostrad.

Pada AASAM kali ini, TNI AD berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 28 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan. 

Negara-negara yang ikut berpartisipasi pada lomba tembak internasional tahunan tersebut yaitu Indonesia, Australia, Jepang, Uni Emirat Arab, Anzac, Filipina, US Army, Inggris, Kanada, Malaysia, Thailand, US Marines, Korea, Singapura, Selandia Baru, Kamboja, Timor Leste, Tonga, PNG dan Prancis.

Hebatnya lagi, para petembak TNI AD berhasil berjaya dengan menggunakan pistol dan senapan buatan PT Pindad, satu industri strategis dalam negeri kebanggaan anak bangsa Indonesia sendiri. 

Di dalam ajang perlombaan tersebut, Petembak terbaik pun diraih dari kontingen Indonesia atas nama Serda Woli Hamsan, yang kesehariannya berdinas di Detasemen Markas (Denma) Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Totalnya sudah 10 kali TNI AD meraih juara umum. Bravo TNI AD!

TNI AD Indonesia Borong 28 Emas Lomba Tembak Internasionalhttp://militermeter.com

Selama berpartisipasi pada lomba tembak AASAM, TNI-AD selalu menjadi juara umum sejak pertandingan di Puckapunyal 2008, menggunakan senjata jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad, senjata organik pasukan Kostrad.

AASAM dimulai pada 1984 di Singleton, Pusat Pendidikan Infanteri Angkatan Darat Australia. Beberapa materi yang diperlombakan meliputi senapan, senapan otomatis (SO), pistol, dan sniper.

TNI AD Indonesia mulai mengikuti AASAM pada tahun 1996/1997. Dalam sejarah AASAM, TNI-AD sejak tahun 2008 hingga 2017 selalu menjadi juara umum. Totalnya sudah 10 kali TNI AD meraih juara umum. 

Di lain sisi, iInilah perolehan medali bagi seluruh peserta selama mengikuti ajang lomba tembak AASAM hingga 26 Mei 2017 adalah:

1. Indonesia: 28 Emas, 6 Perak, 5 Perunggu
2. Australia: 14 Emas, 16 Perak, 16 Perunggu
3. Jepang: 10 Emas, 7 Perak, 7 Perunggu
4. Filipina: 4 Emas, 4 Perak, 4 Perunggu
5. Anzac: 3 Emas, 3 Perak
6. Kanada: 2 Emas, 5 Perak, 4 Perunggu
7. Korea: 2 Emas, 3 Perak, 1 Perunggu
8. Uni Emirat Arab: 2 Emas
9. Thailand: 1 Emas, 4 Perak, 2 Perunggu
10. Selandia Baru: 1 Emas, 1 Perak, 1 Perunggu
11. US Army: 1 Emas, 1 Perunggu
12. Singapura: 2 Perak
13. Malaysia: 1 Perak, 3 Perunggu
14. UK (INGGRIS): 1 Perak, 2 Perunggu
15. US Marines: 2 Perunggu
16. Kamboja: Nihil
17. Timor Leste: Nihil
18. Tonga: Nihil
19. Papua Nugini: Nihil
20. Prancis: Nihil 

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya