Galang Dana Bersama, ACT Ajak Komunitas Lebih Peduli Bencana 

Berbagai penampilan begitu menarik pengunjung

Jember, IDN Times – Momen hari tanpa kendaraan bermotor atau CFD di sekitar Alun-Alun Jember, Jawa Timur, menjadi ajang Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama beberapa komunitas berkampanye tentang bahaya kekeringan di Indonesia. Bersama Generasi Baru Indonesia (Genbi) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Janter Universitas Jember, ACT meramaikan CFD dengan berbagai kegiatan pada Ahad (15/9).

Genbi, Janter, dan ACT menghadirkan berbagai penampilan. Salah satunya ialah acara musik yang cukup menarik perhatian pengunjung yang datang. Bertajuk "Charity for Humanity", ACT juga menggalang dana kepada masyarakat yang hadir.

1. Penggalangan dana kali ini untuk masyarakat terdampak bencana kekeringan dan asap di Sumatra dan Kalimantan

Galang Dana Bersama, ACT Ajak Komunitas Lebih Peduli Bencana ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Ketua Genbi, Rifa mengungkapkan bahwa acara di CFD Alun-alun Jember merupakan kolaborasi pertama ACT dengan komunitas. Genbi sendiri memang biasa menggalang dana untuk menyelesaikan masalah sosial. Namun, di kesempatan kali ini, Genbi menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana kekeringan dan asap di sebagian Sumatra dan Kalimantan.

Sementara itu, penampilan musik dari UKM Janter Fakultas Hukum UNED juga menarik perhatian masyarakat yang datang. Tidak hanya itu, penampilan teatrikal tentang kekeringan dan perusakan alam juga dihadirkan sehingga menjadi tontonan di kegiatan acara hari tanpa kendaraan bermotor.

2. Penggalangan dana juga menjadi ajang kampanye menjaga alam untuk menghadapi kekeringan

Galang Dana Bersama, ACT Ajak Komunitas Lebih Peduli Bencana IDN Times/ACT

Kepala Bidang Teater UKM Seni Janter, Hamid menjelaskan bahwa selain ajang tersebut menunjukkan karya seni mahasiswa, kolaborasi dengan ACT juga menjadi ajang kampanye pentingnya menjaga alam untuk menghadapi kekeringan. “Tak sekadar hiburan, kolaborasi ini juga menjadi sarana edukasi masyarakat mengetahui kondisi terkini tentang kebencanaan serta kemanusiaan,” ungkap Hamid.

3. Kolaborasi kemanusiaan dapat mempermudah edukasi ke masyarakat

Galang Dana Bersama, ACT Ajak Komunitas Lebih Peduli Bencana pixabay/rawpixel

Dani Ardissa dari Tim Program ACT Jember mengungkapkan, kolaborasi bersama komunitas-komunitas diharapkan dapat memperluas kedermawanan yang terbangun di Jember. Selain itu, dengan kolaborasi kemanusiaan dapat mempermudah edukasi ke masyarakat dengan berbagai penampilan dan cara menarik yang disuguhkan masing-masing komunitas. “Semoga kegiatan serupa dapat terus terlaksana,” kata Dani. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya