Pasca-Serangan Israel di Gaza, ACT Masifkan Bantuan untuk Palestina

Bantuan tersebut langsung didistribusikan lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Jelang Ramadan atau pada Sabtu malam (4/5), Israel kembali menggempur Gaza. Serangan udara tersebut sedikitnya meledak di 60 wilayah target sasaran. Korban jiwa pun berjatuhan dan 200 bangunan di Palestina hancur.

Demi merespons tragedi kemanusiaan di Gaza tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali memasifkan bantuan untuk Palestina. Sebelum serangan Israel pun, ACT akan mengirimkan bantuan Ramadan khusus untuk Palestina lewat program "Ramadan Yaa Dermawan". Bantuan tersebut langsung didistribusikan lebih cepat pada Senin malam mengingat keadaan Palestina yang memprihatinkan.

1. Volume bantuan untuk Palestina akan ACT tingkatkan pasca-serangan Israel kemarin

Pasca-Serangan Israel di Gaza, ACT Masifkan Bantuan untuk PalestinaIDN Times/act.co.id

Presiden ACT Ahyudin mengatakan, awal Ramadan ini, ACT mengirim 1.000 ton bantuan untuk 20.000 keluarga di Palestina. Volume bantuan tersebut pun akan ditingkatan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung dan membantu Palestina.

"Merespons tragedi kemanusiaan dengan membantu ialah kewajiban kita semua. Ayo kita bantu Palestina pada Ramadan ini. Di bulan yang istimewa ini, amalan dan kebaikan kita akan dilipatgandakan," tutur Ahyudin.

2. Selama ini 85 persen warga Palestina hidup dari bantuan negara lain

Pasca-Serangan Israel di Gaza, ACT Masifkan Bantuan untuk PalestinaIDN Times/Ezri TS

Selain serangan di Gaza kemarin, tingkat kemiskinan di Palestina sudah begitu besar. Sebanyak 85 persen warga Palestina selama ini pun hidup dari bantuan negara lain. Untuk itu, ACT terus mengampanyekan dan mendistribusikan bantuan dari Indonesia untuk rakyat Palestina dan membuat program khusus untuk menggalangnya.

"Kita perlu ingat Palestina mengakui kemerdekaan kita di saat negara lain tidak berani. Kita punya kewajiban moral sesama manusia. Itu esensi kenapa kita harus serius memperhatikan Palestina saat ini. Saudara kita di Palestina juga mendoakan dan mencintai bangsa Indonesia," tutur Ahyudin.

3. ACT pun instruksikan relawan untuk segera distribusikan bantuan

Pasca-Serangan Israel di Gaza, ACT Masifkan Bantuan untuk PalestinaIDN Times/act.co.id

Vice Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, ACT mengecam serangan Israel jelang Ramadan kemarin. Untuk diketahui, setiap tahun masalah itu juga terus terjadi dan makin meningkat. Oleh karena itu, ACT langsung cepat merespons hal tersebut dengan mengirim bantuan reguler pada Ahad.

"Kami sudah berikan instruksi kepada relawan dan mitra-mitra kami di Gaza untuk segera mendistribusikan kesediaan paket pangan dan bantuan lainnya. Water tank ACT dan dapur umum untuk berbuka dan sahur akan terus siaga," ungkap Ibnu.

4. Respons cepat ACT juga untuk atasi krisis pangan di Palestina

Pasca-Serangan Israel di Gaza, ACT Masifkan Bantuan untuk PalestinaIDN Times/Ezri TS

Direktur Global Humanity Response (GHR) ACT Bambang Triono menambahkan, 5000 keluarga di Palestina akan menerima paket IHC, 500 porsi makanan siap saji untuk sahur dan berbuka, serta 1,6 juta liter air bersih. Bantuan tersebut untuk menghadapi krisis pangan dan sebagai respons cepat ACT terhadap duka Palestina kemarin.

Ajakan untuk membantu Palestina demi merespons serangan Israel pun dilakukan dengan menyampaikan keadaan dan kondisi Palestina secara langsung melalui 25 syeikh Palestina dan tim ACT dengan datang ke rumah-rumah peribadahan. Selain itu, ACT mengajak sahabat dermawan untuk turut serta dalam membantu dan mendoakan Palestina.

“Insyaallah ACT terus berkomitmen mengirimkan bantuan dan memastikan Palestina melewati fase Ramadan hingga Idulfitri dengan khusyuk beribadah. ACT pun berharap seluruh muslim di dunia terus peduli dengan saudara kita di Palestina,” tutur Ibnu.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya