Comscore Tracker

5 Alasan Millennial Harus ke Pameran Foto Ilmuwan Muda Indonesia

Sebanyak 32 potret ilmuwan muda unjuk kebolehan karyanya

Kiprah Alm. B.J. Habibie sampai saat ini masih dikenang sebagai ilmuwan dirgantara kebanggaan bangsa, hingga dijuluki Bapak Teknologi Indonesia. Di era masa kini, ternyata banyak ditemukan ilmuwan muda penerus Habibie yang telah berkontribusi dan berjasa bagi negara. Namun sayangnya, generasi muda Indonesia kurang mengetahui siapa saja para ilmuwan tersebut. Hal ini disebabkan para ilmuwan muda ini cenderung jauh dari sorotan media, sehingga membuat profesi seorang akademisi kurang populer di mata millennial.

Mengetahui hal tersebut, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemendikbud RI bersama Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) menggagas sebuah pameran foto bertajuk ‘Potret Ilmuwan Muda Indonesia’. Pagelaran pameran ini diselenggarakan mulai dari tanggal 26 November-2 Desember 2019 di Galeri Orbital Dago, Bandung.

Tujuan utama acara ini untuk mengapresiasi para ilmuwan muda yang berprestasi, namun seakan tenggelam oleh hiruk pikuk isu-isu sosial. Pameran ini menampilkan 32 potret ilmuwan muda dari berbagai bidang dan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Tanah Air. Sebagai kaum millennial, sayang bila melewatkan acara ini. Sebab, kamu akan memetik lima hal yang pastinya punya nilai positif, lho.

1. Mengenalkan ilmuwan muda Indonesia

5 Alasan Millennial Harus ke Pameran Foto Ilmuwan Muda IndonesiaIDN Times/Kemenristekdikti

Terdapat 32 potret dan profil singkat Ilmuwan muda Indonesia yang ditampilkan dalam pameran ini, mulai dari latar belakang keilmuan, pendidikan, hingga prestasi yang telah diraih. Melalui deskripsi singkat ini, para pengunjung pameran dapat melihat gambaran aktivitas ilmuwan yang terpampang pada foto dengan bidang yang dilakoninya.

2. Memberi inspirasi serta motivasi pelajar

5 Alasan Millennial Harus ke Pameran Foto Ilmuwan Muda IndonesiaIDN Times/Kemenristekdikti

Ramainya isu-isu sosial dan hal-hal viral yang terjadi belakangan ini seakan menenggelamkan pemberitaan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sosok para ilmuwan itu sendiri. Padahal, banyak hal menarik yang dapat diangkat untuk mengedukasi masyarakat luas. Maka dari itu, diharapkan  Pameran Potret Ilmuwan Muda ini dapat menghidupkan lagi minat dan motivasi para pelajar untuk memiliki cita-cita sebagai ilmuwan hebat yang dapat membanggakan Ibu Pertiwi di masa depan.

3. Bentuk komunikasi yang memadukan sains dan seni

5 Alasan Millennial Harus ke Pameran Foto Ilmuwan Muda IndonesiaIDN Times/Kemenristekdikti

Banyak yang menganggap bahwa ilmuwan hanyalah orang-orang yang jago di bidang ilmu eksakta. Padahal, banyak ilmuwan yang justru berkecimpung di ilmu sosial bahkan seni. Mereka menghasilkan karya ilmiah juga karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Begitu juga ilmu eksakta kini semakin menarik ketika dijadikan sebagai bahan diskusi, misalnya teori fisika kuantum dalam film Avenger. Pameran ini sendiri menjadi sarana bagi publik untuk mengenal sains melalui cara yang populer (science communication).

4. Menikmati pameran sembari nongkrong asyik

5 Alasan Millennial Harus ke Pameran Foto Ilmuwan Muda IndonesiaIDN Times/Kemenristekdikti

Pameran Potret Ilmuwan Muda Indonesia digelar di galeri sekaligus kafe yang banyak dikunjungi, mulai dari kalangan anak muda hingga dewasa. Jadi, selain menikmati pameran yang diadakan, para pengunjung juga dapat nongkrong dan ngopi di Orbital Dago Bandung Bersama teman atau kerabat terdekat. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan lokasi swafoto untuk di-posting di akun media sosial.

5. Membuka wawasan seputar dunia fotografi

5 Alasan Millennial Harus ke Pameran Foto Ilmuwan Muda IndonesiaIDN Times/Kemenristekdikti

Potret foto yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan hasil jepretan sang fotografer yang juga dikurasi oleh pakarnya. Pameran ini terdiri atas Fotografi Potrait yang mengambil nuansa ruang dari subjek fotonya (environment potrait). Maka dari itu, setiap ilmuwan difoto di ruang kerja atau laboratorium tempat mereka menghabiskan waktu sehari-hari. Fotografer juga menggunakan kamera gulungan film untuk foto-foto yang dipamerkan. Artinya, setiap foto memiliki nilai yang dapat membuka wawasan pengunjung terkait fotografi.
 

Kelima poin di atas sudah sangat jelas menggambarkan pameran ‘Potret Ilmuwan Muda Indonesia’  menawarkan inspirasi dan edukasi untuk publik, terutama generasi muda agar lebih lebih dekat dengan sains  serta para ilmuwan muda berprestasi. Jadi tunggu apa lagi, jangan sampai melewatkan serunya datang ke pameran ‘Potret Ilmuwan Muda Indonesia,’ ya!

Topic:

  • Ester Ajeng
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya