Comscore Tracker

Angkutan Motis Resmi Ditutup, 19.141 Motor Terangkut pada Mudik 2019

Tahun depan wajib ikut program Angkutan Motor Gratis nih

Jakarta, IDN Times - Program Angkutan Motor Gratis (Motis) bidang perkeretaapian resmi ditutup pada Jumat (14/8). Malam ini, pengiriman terakhir angkutan motis sebanyak ± 318 sepeda motor dari Stasiun Surabaya Pasar Turi tiba di Stasiun Jakarta Gudang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri mengatakan bahwa program Motis melayani pengangkutan ±19.141 sepeda motor pada 2019. Apabila dibandingkan dengan pengangkutan pada 2018 sebesar ±17.147 sepeda motor, tahun ini terdapat kenaikan ±11,63%. Sebagai informasi, 2019 Kementerian Perhubungan mengalokasikan kuota program Motis ±18.096 sepeda motor. Dengan begitu, okupansi sepeda motor yang dilayani mencapai ±105,7%.

“Alhamdulillah hasil program Motis menggembirakan dari tingkat pemanfaatannya. Kuota 18 ribu, kita bisa sampai di atas kuota. Hal lain yang menggembirakan, contraflow pengiriman Motis naik dua kali lipat, tahun lalu 700, tahun ini 1600-an motor,” tutur DirjenZulfikri saat penutupan program Angkutan Motis.

1. Program Motis bantu kurangi kepadatan jalan raya sehingga angka kecelakaan turun

Angkutan Motis Resmi Ditutup, 19.141 Motor Terangkut pada Mudik 2019IDN Times/Ezri TS

Pemerintah pun mengapresiasi masyarakat yang turut ikut menyukseskan program Motis 2019. Hal tersebut karena mereka membantu mengurangi beban kepadatan jalan raya. Selain itu, perjalanan pemudik menjadi lebih aman, nyaman, dan selamat. Berkenaan dengan hal tersebut, data Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa angka kecelakaan jalan raya pada 2019 mengalami penurunan hingga ± 71%.

“Secara nasional, Pak Menteri tadi menyampaikan, kegiatan mudik yang menggunakan motor menurun 12 persen. Saya enggak tahu ini ada korelasi langsung atau tidak. Tetapi bisa kita simpulkan bahwa masyarakat sudah aware bahwa motor bukan kendaraan yang bisa digunakan untuk jarak jauh,” tutur Zulfikri.

2. Permintaan masyarakat akan Angkutan Motis tinggi dan bertambah setiap tahun

Angkutan Motis Resmi Ditutup, 19.141 Motor Terangkut pada Mudik 2019IDN Times/Ezri TS

Zulfikri membenarkan bahwa permintaan penggunaan kereta api untuk program Motis cukup tinggi. Namun, karena sarana terbatas, pemerintah tidak bisa menampung permintaan masyarakat. Tahun ini pun kapasitas Motis ini terisi penuh.

“Kuota 18 ribu program Motis sudah sesuai dengan kapasitas sarana kereta yang ada. Kita akan coba evaluasi dan cari berbagai upaya, mungkin dengan berbagai inovasi untuk bisa meningkatkan kapasitas program ini. Dengan begitu, penyelenggaraan mudik mendatang dengan sepeda motor makin menurun,” tutur Zulfikri.

3. Inovasi pelayanan Angkutan Motis akan dilakukan demi tingkatkan minat masyarakat

Angkutan Motis Resmi Ditutup, 19.141 Motor Terangkut pada Mudik 2019IDN Times/Ezri TS

Program Motis bukan tanpa kendala, pemerintah pun menyadari ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Hal yang baik juga akan ditingkatkan dalam Program Motis mendatang. Salah satunya sosialisasi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan kepada masyarakat agar mau beralih dari penggunaan kendaraan pribadi (sepeda motor). Selain itu, perbaikan dan peningkatan pada sistem Motis akan dilakukan demi pelayanan program Motis yang lebih baik sehingga minat masyarakat akan terus meningkat untuk mengikuti program tersebut.

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You