ASEAN OSHNET Wadah bagi ASEAN Wujudkan Kerja Layak Bidang K3

Indonesia cukup advance dalam penerapan K3

Bali, IDN Times - Plt Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Kemnaker, Iswandi Hari, mengungkapkan, ASEAN OSHNET merupakan wadah bagi negara-negara ASEAN untuk mewujudkan kerja layak terutama pada bidang K3. 

Dalam melaksanakan kegiatannya selama ini, ASEAN OSHNET mengacu kepada work plan ASEAN OSHNET 2016-2020 yang akan segera berakhir. Menindaklanjuti hasil pertemuan The 20th ASEAN OSHNET Coordinating Board Meeting pada 26-27 Maret 2019 di Yogyakarta, Indonesia diminta untuk mengoordinasi penyusunan work plan ASEAN OSHNET 2021-2025.

“Melalui workshop ini, kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dengan mitra ASEAN yang selama ini telah berjalan dengan baik dapat ditingkatkan lagi guna menjawab tantangan regional maupun global, sebagai upaya untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi tenaga kerja termasuk dalam menghadapi era future of work initiative,” tutur Iswandi.

Dalam acara Development Workshop on The ASEAN OSHNET Work Plan 2021-2025 yang digelar di Bali, Rabu (13/11), Indonesia mengusulkan penambahan 1 thematic area baru yang terkait dengan future of work and green job. Selain itu, Indonesia juga mengusulkan 3 project baru yang terkait dengan violence and harassment at work place, future of work, dan green job.

“Melalui 3 project baru ini, Indonesia sebagai salah satu negara di ASEAN yang termasuk cukup advance dalam penerapan K3, akan berbagi pengalaman dengan negara anggota lainnya,” pungkasnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya