Comscore Tracker

ASN Kemendagri Ikuti Apel Bersama Demi Sukseskan Pemilu Serentak 2019

Deklarasi pemilu damai juga ASN lakukan

IDN Times, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo memimpin Apel Bersama ASN Kemendagri dan pejabat eselon 1 dan 2 demi menyukseskan pemilu serentak yang damai dan demokratis. Apel yang juga menolak kampanye ujaran kebencian, hoaks, dan fitnah ini digelar di lingkungan Kantor Pusat Kemendagri, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Jumat (15/3/2019).

Hadi Prabowo mengingatkan bahwa hari H pemungutan suara tinggal 32 hari lagi. Untuk itu, ia pun meminta agar ASN dapat terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi.

“Menjadi kewajiban kita bagi ASN pertama tentunya kita wajib tegakkan netralitas ASN. Kita harus pula menjadi ujung tombak, baik itu dalam kerangka sosialisasi maupun dalam memberikan suri tauladan kepada masyarakat untuk mendorong partisipasi dalam menggunakan hak pilih tanggal 17 April 2019,” ujarnya.

1. ASN dapat mendorong lingkungannya untuk menggunakan hak pilih

ASN Kemendagri Ikuti Apel Bersama Demi Sukseskan Pemilu Serentak 2019IDN Times/Kemendagri

Hadi juga menyampaikan bahwa target dari penyelenggara pemilu dan pemerintah untuk tingkat partisipasi politik masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 sebesar 77,5 persen. Dengan begitu, ia mengimbau agar ASN selalu mendorong semua pihak di setiap lingkungan jajaran Kemendagri untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak golput.

“Karena hak pilih ini menentukan masa depan NKRI. Kita harsus mampu khususnya menjadikan pemilu yang bermartabat dan berkualitas untuk memilih pemimpin yang terbaik lima tahun ke depan,” kata Hadi.  

2. Seluruh ASN harus berkomitmen untuk menyukseskan pemilu

ASN Kemendagri Ikuti Apel Bersama Demi Sukseskan Pemilu Serentak 2019IDN Times/Kemendagri

Sekjen Kemendagri meminta jajarannya agar selalu menjaga kondusifitas di lingkungan kerjanya.

“Saya harapkan perbedaan adalah hal yang biasa dalam demokrasi, namun kita harus mampu bela negara dan bela institusi kita dan yang lebih khusus tentunya kita harus bisa memahamkan kepada masyarakat terkait berita-berita yang bersifat hoaks, ujaran kebencian, fitnah dan sebagainya,” terang Hadi.

Hadi mengingatkan bahwa Kemendagri merupakan kementerian yang memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan dan fasilitas terhadap penyelenggara pemilu. Hal ini untuk mendukung keberhasilan dan pelaksanaan pemilu sehingga seluruh jajaran ASN Kemendagri memegang komitmen untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2019.

3. Pembacaan deklarasi pemilu oleh ASN Kemendagri

ASN Kemendagri Ikuti Apel Bersama Demi Sukseskan Pemilu Serentak 2019IDN Times/Kemendagri

Dalam apel ini, Sekjen Kemendagri membacakan deklarasi untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2019 dengan damai dan demokratis serta menolak kampanye ujaran kebencian, hoaks, dan fitnah.

Isi dari deklarasi tersebut ialah; pertama, mengawal persiapan dan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang tinggal 32 hari lagi. Kedua, mendukung suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2019 demi terwujudnya sistem pemerintahan presidensial yang semakin efektif berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Selain itu, ketiga, menolak dan melawan segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran yang bermuatan SARA serta hoaks. Keempat, mengajak ASN agar solid dan proaktif untuk menyalurkan hak dan kewajiban politiknya secara bertanggung jawab.

Berikutnya, kelima, mengajak seluruh Warga Negara Republik Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis pada 17 April 2019 demi terwujudnya pembangunan nasional yang berkelanjutan untuk lima tahun ke depan serta terwujudnya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Keenam, mendukung tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika.

“Demikian pernyataan sikap Kemendagri sebagai poros pemerintahan yang kami sampaikan dengan rasa penuh tanggung jawab khususnya untuk mewujudkan Pemilu Serentak 2019 yang bermartabat, beretika, demokratis, dan berdaulat dalam rangka menegakkan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Hadi.

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You