Suasana di Banggai Kepulauan Mulai Kondusif Pascagempa 6,9 SR

Tim ACT terus menyiagakan bantuan yang dibutuhkan

Banggai Kepulauan, IDN Times - Saat ini, kondisi masyarakat Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, pascagempa berkekuatan 6,9 SR pada pukul 18.40, Jumat (12/4), sudah mulai tenang. Hal ini disampaikan Koordinator Tim Disaster Emergency Kusmayadi.

“Kalau semalam itu masyarakat sempat mengungsi, naik ke perbukitan atau tempat-tempat tinggi. Sekarang mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Kondisinya sudah mulai kondusif,” tutur Kusmayadi, Sabtu (13/4).

1. Gempa susulan kembali terjadi meski tidak kuat

Suasana di Banggai Kepulauan Mulai Kondusif Pascagempa 6,9 SRact.id

Akan tetapi, beberapa kali gempa susulan kembali terjadi meski tidak sekuat gempa sebelumnya. Tim ACT pun terus menyiagakan bantuan yang diperlukan.

“Kita bagi lima regu, satu sudah berangkat ke Luwuk. Sementara dua regu lagi kita minta stand by di Palu, dan dua lagi di Makassar. Ini karena sampai sekarang ada beberapa gempa susulan yang terasa. Tapi skalanya memang menurun,” ujar Kusmayadi.

2. Informasi data dari tim DER-ACT

Suasana di Banggai Kepulauan Mulai Kondusif Pascagempa 6,9 SRact.id

Menurut data tim DER-ACT, gempa Jumat lalu itu merusak beberapa bangunan, rumah, dan fasilitas umum di Desa Molores, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara. Satu musala di desa terebut rata dengan tanah, dua rumah rusak berat, dan dua lainnya rusak ringan.

3. Ada satu orang korban meninggal tetapi bukan akibat langsung dari gempa

Suasana di Banggai Kepulauan Mulai Kondusif Pascagempa 6,9 SRact.id

Untuk data mengenai korban meninggal akibat gempa tidak ada. Namun, ada satu korban yang tercatat meninggal bukan akibat langsung dari gempa.

“Hanya satu orang meninggal, katanya karena panik ketika terjadi gempa. Kalau korban jiwa karena gempanya sendiri, tidak ada. Tapi kita belum tahu secara pasti, karena sampai sekarang belum ada data-data masuk lagi,” tutur Kusmayadi.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya