Berkat Prestasinya, Bank Sampah Mawar 10 Bersiap Menjadi Koperasi 

Meski baru satu tahun, BSM 10 berkinerja bagus

Jakarta, IDN Times - Usianya memang baru satu tahun, tetapi Bank Sampah Mawar 10 (BSM 10) yang berdiri pada Februari 2018 menunjukkan kinerja yang bagus. Berlokasi di Kelurahan Pela Mampang, Jakarta, BSM 10 memiliki 120 nasabah. Bahkan, dalam tempo tujuh bulan, BSM 10 mampu mengumpulkan uang nasabah dari penjualan sampah nonorganik (plastik dan sejenisnya) sebesar Rp12 juta. 

Keberhasilan BSM 10 mengelola sampah mendapat pengakuan berupa penghargaan bergengsi juara 1 se-Jabodetabek sebagai penggerak Bank Sampah dan penghargaan dari Bank BNI sebagai Bank Sampah Terbaik. 

"Community Go Green" dan PT  Unilever pernah berkunjung ke BSM 10. Unilever juga menunjuk BSM 10 untuk integrasi dengan program Smart Drop Box. Sekolah Global School Bintaro juga pernah studi banding masalah sampah ke BSM 10. 

Ke depan, setelah sukses membangun bank sampah hingga program Baitul Musibah (santunan untuk anggota yang terkena musibah), BSM 10 berencana membentuk badan hukum koperasi. 

"Kenapa koperasi? Sebagian nasabah atau anggota BSM 10 adalah para pedagang keliling, seperti pedagang gorengan, cilok, dan sebagainya. Saya melihat, untuk permodalan mereka itu mengandalkan pembiayaan dari bank keliling dengan bunga tinggi. Makanya, saya terpikir untuk mengembangkan BSM 10 menjadi sebuah koperasi," ungkap Ketua BSM 10 Asep Setiawan kepada wartawan, Selasa (27/8).

1. Sebanyak 2 ton sampah mampu dikumpulkan BSM 10 setiap bulan

Berkat Prestasinya, Bank Sampah Mawar 10 Bersiap Menjadi Koperasi IDN Times/Kemenkop

Asep menambahkan, BSM 10 setiap bulannya mampu mengumpulkan sampah murni nonorganik (plastik) sebesar 2 ton. 

"Sampah sebanyak itu ada hitungan bisnisnya, dan dijadikan tabungan anggota. Bahkan, ada anggota yang mengambil uangnya setahun sekali. Ada juga yang untuk tabungan umrah di BSM 10," ujar Asep.

2. Pertumbuhan BSM 10 mampu membantu permodalan pedagang kecil

Berkat Prestasinya, Bank Sampah Mawar 10 Bersiap Menjadi Koperasi IDN Times/Kemenkop

Dengan pesatnya pertumbuhan BSM 10 tersebut, Asep mengatakan bahwa dana anggota diputar untuk membantu permodalan para pedagang termasuk warung-warung dan kopi yang ada di sekitar Pela Mampang. 

"Jadi, tidak ada dana mengendap di BSM 10, diputar ke permodalan pedagang kecil, agar dana nasabah BSM 10 pun ikut meningkat," tukas Asep.

3. Setiap Rabu, BSM menampung sampah dari para pelajar

Berkat Prestasinya, Bank Sampah Mawar 10 Bersiap Menjadi Koperasi IDN Times/Kemenkop

Asep mengatakan, bank sampah didasari filosofi sosial, yaitu menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, serta terbebas dari timbunan sampah yang bisa menjadi sumber penyakit. 

Bagi Asep, dengan filosofi mengubah sampah menjadi berkah, sama artinya kita peduli dengan sampah hingga bisa meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. "Sisi lain, kita juga membantu program pemerintah dalam rangka menanggulangi sampah," ucap Asep.

Untuk kampanye penanggulangan sampah di tengah masyarakat, Asep berkolaborasi dengan Kedai Daur Ulang milik Nursalam di Pela Mampang dan sosialisasi sampai ke sekolah-sekolah mengenai pengolahan sampah. Menurutnya, masalah sampah ini sebaiknya dikenalkan sejak dini melalui pendidikan formal agar sikap kepedulian akan penanggulangan sampah terpupuk sejak kecil. Bahkan, BSM 10 memiliki jadwal rutin setiap Rabu khusus menampung sampah plastik dari para pelajar.

Ia berharap, Pemprov DKI Jakarta jangan hanya memedulikan bank sampah saat ada lomba Adipura. Pembinaan terus-menerus untuk menjadi ujung tombak kebersihan lingkungan di masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya