Meski Hadapi Akses Sulit, Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Banjir di Konawe belum surut

Jakarta, IDN Times - Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Bantuan logistik tahap pertama sudah mengalir ke Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Kolaka Timur. Semoga dapat meringankan beban warga terdampak bencana banjir," tutur Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Minggu.

Mensos mengatakan bantuan Kementerian Sosial yang dikirim dari Gudang Regional Timur di Makassar berada di Dinas Sosial Provinsi Sultra. Selanjutnya Dinsos provinsi mengirimkan bantuan ke Dinas Sosial kabupaten sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masing-masing daerah.

1. Kemensos juga sediakan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dan Tim Layanan Dapur Umum

Meski Hadapi Akses Sulit, Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus BergulirANTARA FOTO/Jojon

Menteri Agus melanjutkan, selain bantuan dalam bentuk logistik, Kementerian Sosial juga menerjunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dan Tim Layanan Dapur Umum di sejumlah titik terdampak banjir.

"Salah satunya di Posko Pengungsian di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara. Sebanyak 35 Tagana Provinsi Sultra dan dibantu Tagana Kabupaten Konawe Utara mendirikan dapur umum yang melekat dengan layanan dukungan psikososial," tutur Menteri Agus.

Dapur umum tersebut melayani kebutuhan makan pengungsi dan relawan kebencanaan. Dalam satu kali produksi, dapur umum menyiapkan 2.700 porsi makanan untuk melayani lebih dari 1.500 pengungsi.

Sementara itu, LDP bagi pengungsi khususnya anak-anak di pengungsian, layanan tersebut diberikan Tim LDP Kementerian Sosial, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), dan relawan lainnya.

"Tim juga melakukan pendataan kelompok rentan, seperti lansia, ibu hamil, bayi, dan balita. Untuk korban lansia, kami membentuk shelter lapangan lanjut usia di lokasi banjir untuk memberikan pelayanan bagi lansia berupa pelayanan kesehatan dasar, dukungan psikososial, dan pendataan serta asesmen kebutuhan," kata Menteri Agus.

2. Tantangan pengiriman logistik ke titik bencana

Meski Hadapi Akses Sulit, Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus BergulirIDN Times/Kemensos

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat menambahkan, pengiriman bantuan logistik dilakukan tim dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial bersama tim dari Dinas Sosial Provinsi Sultra dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Sultra.

"Sebanyak 10 orang tim gabungan telah bergerak mengawal dan mengirimkan bantuan logistik ke masing-masing Dinas Sosial terdampak bencana banjir. Untuk selanjutnya didistribusikan Dinsos kepada pengungsi," tutur Harry.

Harry mengungkapkan pengiriman logistik ke masing-masing kabupaten memiliki tantangan tersendiri mengingat kondisi banjir yang belum surut dan beberapa akses jalan serta jembatan terputus. Ia mencontohkan tim yang menuju ke Konawe, Sabtu (15/6).

"Perjalanan dari Dinas Sosial Provinsi Sultra ke Kabupaten Konawe ditempuh selama tiga sampai empat jam. Biasanya satu jam dalam kondisi tidak banjir. Tantangannya karena banjir masih menggenangi hingga setinggi pinggang orang dewasa," tutur Harry.

Di Konawe misalnya, Dirjen melanjutkan, banjir belum surut di Kecamatan Pondidaha dan Kecamatan Wonggeduku sehingga adakalanya kendaraan harus berjalan sangat pelan atau bahkan berputar arah mencari jalan alternatif.

3. Berikut rincian bantuan Kemensos untuk keempat kabupaten di Kolaka

Meski Hadapi Akses Sulit, Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus BergulirDok.IDN Times/Istimewa

Bantuan logistik untuk Kabupaten Kolaka Timur berupa lauk pauk, perlengkapan anak, perlengkapan makan, selimut, perlengkapan keluarga, mi instan, makanan anak, tenda gulung, paket sandang, dan matras.

Bantuan logistik untuk Kabupaten Konawe Selatan terdiri dari lauk pauk, perlengkapan anak, perlengkapan makan, perlengkapan keluarga, selimut, mi instan, makanan anak, tenda gulung, paket sandang, dan matras.

Bantuan logistik untuk Kabupaten Konawe berupa lauk pauk, perlengkapan anak, perlengkapan makan, makanan anak, selimut, paket sandang, perlengkapan keluarga, tenda gulung, matras, dan mi instan.

Bantuan logistik untuk Konawe Utara berupa lauk pauk, paket dapur keluarga, perlengkapan anak, perlengkapan makan, makanan anak, selimut, paket sandang, paket keluarga, tenda gulung, matras, velbed, dan mi instan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya