Ibu Paruh Baya Ini Terharu atas Bantuan Rutilahu dari Bupati Purwakarta

Bupati Purwakarta mendatangi langsung rumah Ibu Sri

Purwakarta, IDN Times - Wajah sendu terlihat dari raut wajah wanita paruh baya bernama Sri Yulianingsih, warga Kaum Kidul RT 07/02 Kelurahan Cipaisan, Kabupaten Purwakarta. Hal itu tidak terlepas dari kondisi rumahnya yang cukup memprihatinkan.

Dengan berdindingkan bambu yang cukup lapuk ditambah atap genting yang bocor, Sri dan keluarganya tetap tinggal di rumah yang bisa dikatakan tidak layak tersebut. Jangankan membetulkan rumahnya, pekerjaannya sebagai buruh pun tidak cukup untuk kehidupannya sehari-hari yang kembang kempis.

Akan tetapi, pada Jumat pagi (20/9), wajah ceria tampak di raut wajah Sri. Sebab, dirinya didatangi langsung Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

"Nuhun Ambu atos disumpingan," hanya itu sedikit kata yang terucap darinya.

1. Sebelumnya, Bupati Anne sudah mengunjungi rumah Sri untuk melihat langsung kondisinya

Ibu Paruh Baya Ini Terharu atas Bantuan Rutilahu dari Bupati PurwakartaIDN Times/Pemkab Purwakarta

Kedatangan orang nomor satu di Purwakarta itu sangat ditunggu-tunggu Sri. Bahkan, ia tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada Anne.

"Hatur nuhun pisan, Ambu, hatur nuhun," katanya sambil terisak.

Bagi Sri, bantuan dari Bupati Anne sangatlah berharga, apalagi sejak jauh hari Ambu Anne mendatangi rumahnya untuk melihat langsung kondisinya. Hal itu berdasarkan laporan warga kepada dirinya.

"Saya sempat ke sini sebelumnya, karena ketika menjenguk TKI warga dan Pak RW langsung melaporkan kondisi rumah Ibu Sri," kata Bupati Anne, Jumat (20/9), di Purwakarta.

2. Bantuan untuk warga Purwakarta lain yang membutuhkan juga akan diupayakan

Ibu Paruh Baya Ini Terharu atas Bantuan Rutilahu dari Bupati PurwakartaIDN Times/Pemkab Purwakarta

Bupati Anne mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan untuk membantu warga yang kondisi rumahnya memprihatinkan. Pada 2019 ini, Bupati Anne menuturkan pihaknya menganggarkan Rp 2 miliar melalui Kesra.

"Kita lihat dulu kondisi apabila urgent tentu saja kita bantu. Untuk satu rumah minimal mendapatkan bantuan Rp15 juta dan maksimal Rp20 juta," tutur Bupati Anne.

3. Saat ini pendataan warga yang membutuhkan bantuan rutilahu terus dilakukan

Ibu Paruh Baya Ini Terharu atas Bantuan Rutilahu dari Bupati PurwakartaIDN Times/Pemkab Purwakarta

Menurut Bupati Anne, pihaknya terus mendata terutama untuk kondisi warganya yang membutuhkan rutilahu. Meskipun begitu, hal tersebut disesuaikan dengan kategorinya.

"Melihat kondisi lapangan kan ada kategorinya, ada rumah tidak layak huni dan rumah roboh, inilah yang urgent darurat dan Kesra yang menangani yang daruratnya," kata Bupati Anne.

4. Bantuan rutilahu untuk Ibu Sri ditargetkan sebelum musim hujan dilaksanakan

Ibu Paruh Baya Ini Terharu atas Bantuan Rutilahu dari Bupati PurwakartaIDN Times/Pemkab Purwakarta

Sementara itu, terkait kondisi rumah Ibu Sri, Anne menuturkan harus segera diupayakan untuk diberikan bantuan, bahkan ditargetkan sebelum musim hujan harus diperbaiki.

"Mudah-mudahan sudah bisa direhab sebelum hujan, karena kasihan," tutur Bupati Anne.

Tampaknya Sri tidak bisa menahan haru, bahkan air mata tampak dari wajah ibu tersebut. Kepada Sri, Bupati Anne pun berpesan agar memanfaatkan sebaik mungkin bantuan tersebut.

"Mudah-mudahan ke depan Ibu Sri bisa lebih betah dan memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin," tutur Bupati Purwakarta

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya