Bimbingan Teknis Hemat Energi ke Sekolah Adiwiyata se-Jabodetabek

Mengajak pengelola gedung sekolah lakukan konservasi energi

Bekasi, IDN Times - Direktorat Konservasi Energi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penghematan Energi bagi Penanggungjawab/Manajer Energi di Sekolah Adiwiyata se-Jabodetabek, Kamis (18/7). Kegiatan ini dilandaskan sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan kebijakan konservasi energi, khususnya penghematan energi yang menjadi salah satu kriteria dalam unsur penilaian pada program Adiwiyata.

1. Penghematan energi menjadi salah satu penilaian program Adiwiyata

Bimbingan Teknis Hemat Energi ke Sekolah Adiwiyata se-Jabodetabekthisismoney.co.uk

Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup yang bersih dan sehat pada jenjang sekolah SD, SMP, SMA/ SMK. Tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Penghematan energi merupakan salah satu kriteria dalam unsur penilaian pada program Adiwiyata.  

"Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2009, Konservasi energi merupakan kewajiban seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, pemerintah daerah, swasta maupun masyarakat umum. Penghematan energi di sekolah dapat dilakukan dengan perubahan perilaku dan penggunaan peralatan hemat energi," tutur Hendro Gunawan, Kepala Subdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Konservasi Energi.

2. Tujuan adanya Bimbingan Teknis Hemat Energi Sekolah Adiwiyata

Bimbingan Teknis Hemat Energi ke Sekolah Adiwiyata se-JabodetabekIDN Times/EBTKE

Tujuan bimbingan teknis ini adalah memberikan bimbingan dan penyuluhan yang bersifat teknis mengenai pemanfaatan energi di sekolah yang bersifat efisien sesuai dengan kebijakan pemerintah, kondisi dan perkembangan energi nasional saat ini.

Melalui bimbingan teknis ini, diharapkan pengelola gedung sekolah akan mempunyai persepsi yang sama dan mampu untuk berkreasi dan berinovasi dalam melakukan upaya-upaya konservasi energi. Sehingga menjadikan sikap hidup hemat energi sebagai budaya yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya