Badan Narkotika Nasional akan Launching Rumah Edukasi Anti Narkoba

BNN ajak generasi milenial buat Rumah Edukasi Anti Narkoba

Jakarta, IDN Times - Generasi Y atau generasi milenial adalah generasi yang mudah beradaptasi dengan teknologi baru, seperti media sosial yang sering kali dijadikan sumber utama dalam mencari informasi. Generasi milenial bisa menjadi aktor perubahan yang memilih berbagai ide cemerlang, inovatif, dan solutif. 

Akan tetapi, banyak di antara mereka belum menyadari dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki, sehingga diperlukan sebuah pemikiran dan upaya yang mapan dan bisa membantu mereka menunjukkan bahwa mereka mampu memajukan negara dengan kemampuan mereka masing-masing, termasuk dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Pencegahan penyalahgunaan narkoba tidak hanya berbicara pada lingkup bahaya dan dampak buruk, tetapi juga menggali pada apa yang remaja mampu jadikan bekal untuk melawan segala bentuk ancaman narkoba. Oleh karena itu, Deputi Bidang Pencegahan BNN mengajak generasi milenial mengambil peran dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan membuat ‘Rumah Edukasi Anti Narkoba’.

“Rumah Edukasi Anti Narkoba ini diharapkan akan menjadi sumber inspirasi, informasi, dan edukasi bagi generasi milenial dan masyarakat umum lainnya,” ujar Deputi Pencegahan BNN, Anjan Pramuka Putra. 

Rumah Edukasi Anti Narkoba bukan rumah berbentuk fisik seperti yang kita bayangkan. Rumah Edukasi Anti Narkoba ini berbentuk website. Generasi milenial bisa mengakses digital literatur dan ikut aktif membuat konten pencegahan penyalahgunaan narkoba ke dalam website tersebut.

Pilot project launching Rumah Edukasi Anti Narkoba berbentuk Drug Free Exhibition Day rencananya akan dilaksanakan di Bandung dan Malang pada September dan Oktober 2019. Drug Free Exhibition Day akan menggelar karya generasi milenial dalam bentuk fotografi, artikel, desain grafis, vlog, mural/grafiti, music corner, dan photo booth yang bertema pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Rumah Edukasi ini juga diharapkan menjadi media yang jujur untuk menyampaikan opini remaja tanpa ada tekanan agar bebas berekspresi dan berkreativitas. Melalui potensi diri yang tersalurkan, generasi milenial diharapkan juga menjadi inspirasi bagi generasi milenial lainnya (khususnya) dan bagi masyarakat (pada umumnya) dalam meningkatkan derajat kesadaran antinarkoba. Selain itu, program tersebut menjadi petunjuk bagi kota dan kabupaten lainnya dalam mengimplementasikan P4GN bidang pencegahan narkoba.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya