Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik Bareng

Paket sembako untuk mereka yang membutuhkan juga diberikan

Jakarta, IDN Times - Masa mudik Lebaran 1440 H makin dekat. Sebentar lagi kita akan bersiap merasakan euforianya. Kesiapan itu juga Kementerian BUMN lakukan dengan menyelenggarakan BUMN Mudik Bareng 2019 untuk masyarakat. Jasa Raharja di naungan kementerian yang dipimpin Menteri BUMN Rini Soemarno ikut serta dalam kegiatan tersebut dengan mengadakan verifikasi data calon pemudik mulai 7--11 Mei 2019.

Menteri BUMN Rini S Sumarno yang didampingi Direktur Jasa Raharja, Budi Rahardjo S berkesempatan untuk meninjau langsung proses verifikasi data yang diinisiasi Jasa Raharja selaku Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN pada Jumat (10/05), di Jakarta. Menteri Rini mengatakan bahwa 104 BUMN mengikuti kegiatan tersebut dengan target 250.338 pemudik yang akan diberangkatkan atau naik sebesar 22,32 persen dari tahun lalu.

1. Tujuan BUMN Mudik Bareng ialah sinergi pemerintah dan BUMN untuk kebaikan masyarakat

Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik BarengIDN Times/Jasa Raharja

“Tujuan BUMN Mudik Bareng antara lain pengalihan pemudik pengguna sepeda motor ke moda transportasi umum untuk meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas. Kami juga ingin memenuhi keinginan masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk mudik ke kampung halaman. Selain itu, hal ini sebagai bentuk loyalitas kepada nasabah loyal BUMN, langkah konkret peran BUMN dalam kegiatan pencegahan kecelakaan, dan peningkatan brand awareness dan positioning perusahaan,” tutur Menteri Rini.

2. Berbagai sarana dan fasilitas disediakan untuk masyarakat yang mengikuti BUMN Mudik Bareng

Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik BarengIDN Times/Jasa Raharja

BUMN Mudik Bareng juga memfasilitasi pemudik dengan sarana penunjang, antara lain pengadaan transportasi dengan Damri, Pelni, ASDP, KAI, serta untuk pengadaan perlengkapan pemudik berupa kaus dan topi yang diproduksi Sarinah. BUMN Mudik Bareng tahun ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan titik keberangkatan di 70 kota (31 kota di Pulau Jawa dan 39 kota di luar Pulau Jawa) dengan 155 kota tujuan (62 kota di Pulau Jawa dan 93 kota di luar Pulau Jawa).

3. Kondisi transportasi yang akan mengangkut peserta BUMN Mudik Bareng juga dijamin

Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik Barengunsplash.com/Annie Spratt

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo S memaparkan,  demi kenyamanan dan keamanan pemudik, Jasa Raharja mensyaratkan kondisi bus yang mengangkut pemudik memenuhi aspek keselamatan, antara lain menggunakan bus pariwisata minimal tahun 2013 yang dalam kondisi baik, laik jalan, lulus rampcheck, dan lengkap dengan alat-alat keselamatan. Selain itu, identitas pengemudi jelas dan dipastikan laik mengemudi dengan melalui tes kesehatan dan tes narkoba, tersedia pengemudi dan bus cadangan untuk rute perjalanan jarak jauh, serta bus dapat termonitor selama perjalanan sampai ke tujuan.  

4. Jasa Raharja memberikan perlengkapan mudik bagi peserta BUMN Mudik Bareng

Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik BarengIDN Times/Jasa Raharja

Menurut data yang Jasa Raharja terima, masing-masing BUMN dalam tahap pendaftaran dan pemenuhan kelengkapan dokumen pemudik. Khusus untuk mudik yang dikelola Jasa Raharja, verifikasi pendaftaran 2.000 sampai 2.500 KK atau sekitar 8.000 pemudik pada 7--11 Mei 2019 di Gedung Nyi Ageng Serang. Kegiatan tersebut membagikan perlengkapan pemudik berupa kaus, topi, dan asuransi selama tujuh hari di kampung halaman. Jasa Raharja juga akan membagikan goodie bag yang berisi snack dan obat-obatan ringan pada saat seremonial keberangkatan di Gelora Bung Karno, Jumat (30/5), yang dihadiri 56 BUMN.

5. Acara ini juga membagikan paket sembako untuk anak yatim, petugas kebersihan, dan penjaga makam

Menteri Rini dan Jasa Raharja Cek Data Calon Peserta BUMN Mudik BarengIDN Times/Jasa Raharja

Sebagai bentuk kehadiran BUMN di tengah masyarakat, program Sinergi BUMN tidak terbatas pada program BUMN Mudik Bareng menyambut Lebaran 1440 H. Beberapa BUMN juga memberikan bantuan paket sembako (terdiri dari beras premium 10 kg, gula 1 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, kecap manis 275 ml) kepada anak yatim, petugas kebersihan, dan penjaga makam, serta memfasilitasi mereka untuk ikut serta dalam mudik gratis.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya