Cianjur Deklarasikan Desa Bersinar, Wujud Perlawanan pada Narkoba

360 desa mendukung gerakan Desa Bersinar

Jakarta, IDN Times - Pemda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggelar deklarasi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) untuk melawan peredaran gelap narkoba. Total 360 desa se-Kabupaten Cianjur hadir dan siap mendukung gerakan Desa Bersinar.

Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman mengajak kepala desa dan lurah yang hadir pada deklarasi Desa Bersinar agar segera menjalankan program dengan mencontoh 9 desa dan kelurahan yang menjadi pilot project. Plt Bupati Herman juga memerintahkan para camat untuk berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti swasta, lembaga pendidikan, dan masyarakat guna mendukung gerakan Desa Bersinar.

1. Setelah deklarasi, diharapkan ada tindakan nyata dari 360 desa

Cianjur Deklarasikan Desa Bersinar, Wujud Perlawanan pada NarkobaIDN Times/BNN

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNN RI Drs Heru Winarko (HW) mengatakan bahwa deklarasi Desa Bersinar ialah bentuk perlawanan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Deklarasi Desa Bersinar ialah simbol, tapi yang terpenting ialah masyarakat melaksanakan langkah nyata dalam penanggulangan narkoba. Setelah deklarasi ini diharapkan ada tindakan nyata dari 360 desa dan kelurahan khususnya dari 9 pilot project Desa Bersinar sehingga dapat mengurangi angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba untuk mewujudkan Cianjur Lebih Maju Agamis Tanpa Narkoba," ujar Kepala BNN.

Pelaksanaan Deklarasi Serentak 360 Desa dan Kelurahan Desa Bersih Narkoba juga melibatkan para camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala desa, dan lurah se-Kabupaten Cianjur.

2. Melalui aplikasi SIPAREL, BNN dapat memonitor dan melihat kegiatan para relawan

Cianjur Deklarasikan Desa Bersinar, Wujud Perlawanan pada NarkobaIDN Times/BNN

Turut hadir Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Deputi Pencegahan BNN, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Direktur Narkoba Polda Jabar, Perwakilan Kementerian Desa, Bupati Cianjur, Bupati Kabupaten Sukabumi, Wali Kota Depok, Bupati Purwakarta, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Cianjur.

Di sela-sela acara, aplikasi SIPAREL (Sistem Pelaporan Relawan) yang memudahkan para relawan di seluruh Indonesia melaporkan kegiatan mereka kepada BNN secara online juga diluncurkan. Melalui aplikasi tersebut, BNN dapat memonitor dan melihat kegiatan para relawan guna kepentingan informasi dan evaluasi.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Just For You