Ridwan Kamil: Demokrasi Langsung Hadirkan Pemimpin Pilihan Rakyat

Demokrasi adalah anugerah untuk bangsa Indonesia

Bandung, IDN Times – Indonesia adalah negara demokrasi yang menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menentukan kepala daerah pilihan rakyat. Dalam pelaksanaannya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terus berusaha untuk menghadirkan Pemilu yang lebih baik dari tahun ke tahun, termasuk jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di delapan kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pun mendukung acara ''Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 8 Kab/Kota se-Provinsi Jawa Barat' di Amphitheater Trans Studio Bandung, Kota Bandung, Rabu (20/11).

1. Melalui demokrasi langsung menghadirkan pemimpin yang sesuai dengan pilihan rakyat

Ridwan Kamil: Demokrasi Langsung Hadirkan Pemimpin Pilihan RakyatIDN Times/Humas Pemprov Jabar

Sosok yang akrab disapa Emil itu mengatakan, demokrasi langsung diharapkan mampu menghadirkan pemimpin yang sesuai dengan pilihan rakyat. Sama seperti dirinya yang merupakan produk demokrasi langsung, Emil berujar peluang pemimpin pilihan rakyat untuk bersumbangsih kepada bangsa sangat besar.

"Demokrasi adalah pilihan yang sudah dipilih oleh kita," ujarnya.

Emil pun yakin bahwa demokrasi adalah anugerah untuk bangsa Indonesia. Pasalnya bagi pemimpin yang baik, kekuasaan adalah alat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. 

Meski begitu, Emil berharap adanya perbaikan proses pelaksanaan demokrasi yang dilakukan dengan Pemilu sehingga pemerintah dan pihak terkait tidak mengeluarkan biaya besar.

2. Proses Pemilu di Indonesia bisa mengikuti voting digital yang sudah diterapkan India

Ridwan Kamil: Demokrasi Langsung Hadirkan Pemimpin Pilihan RakyatIDN Times/Humas Pemprov Jabar

Emil mengatakan, voting digital yang dilakukan India bisa menjadi contoh untuk memangkas biaya logistik selama proses Pemilu di Indonesia.

3. Pentingnya menggelar Pemilu yang kondusif

Ridwan Kamil: Demokrasi Langsung Hadirkan Pemimpin Pilihan RakyatIDN Times/Humas Pemprov Jabar

Di Jabar sendiri, pelaksanaan Pilpres, Pileg, Pilgub, dan Pilkada kabupaten/kota, selalu berjalan sesuai harapan tanpa ada gangguan yang berarti dengan angka partisipasi pemilih yang terus meningkat.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah Dahlan sementara itu mengatakan, acara 'Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020' adalah penanda kesiapan Jabar menghelat Pilkada serentak di delapan daerahnya.

Delapan daerah tersebut yakni Kabupaten Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi, Kab. Karawang, Kab. Indramayu, Kab. Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, dan Kota Depok.

"Pemilu di Jawa Barat selalu berjalan aman, lancar, dan demokratis. Hampir seluruh tahapan Pemilu kami kawal sampai ke aspek penegakan hukum Pemilu," kata Abdullah.

Dia menambahkan, Bawaslu Jabar selalu mengawasi prosedural pelaksanaan Pemilu dengan kewenangan dalam aspek pencegahan, pengawasan, penindakan, dan pengadilan.

"Bawaslu memperkuat metode dan instrumen, pengawasan terkait money politik. Kami siaga dengan cegah, awasi, tindak, dan adili," tambah Abdullah.

4. Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 menjadi ajang menyosialisasikan Pilkada serentak

Ridwan Kamil: Demokrasi Langsung Hadirkan Pemimpin Pilihan RakyatIDN Times/Humas Pemprov Jabar

Adapun menurut Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, 'Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020' sekaligus menjadi cara untuk menyosialisasikan Pilkada serentak tahun depan di delapan daerah tersebut.

Rifqi pun berharap Pemilu bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tak lupa, KPU Jabar mengapresiasi dukungan Bawaslu provinsi, juga Bawaslu kabupaten/kota bersama pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta jajaran TNI/Polri yang sudah menyukseskan Pemilu 2019, khususnya di Jabar sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Tanah Air.

"Semoga tahun 2020 semua tahapan bisa berjalan baik, lancar, damai, dan pemilihan bisa berjalan menggembirakan, memberikan kemajuan terhadap masing-masing kota/kabupaten," tutup Rifqi.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya