DevOps X ACT Bangun Sistem IT untuk Kepentingan Lembaga Kemanusiaan

Mengoperasikan perangkat lunak dan layanan lebih cepat

Jakarta, IDN Times - DevOps Indonesia bersama Aksi Cepat Tanggap(ACT) menyelenggarakan acara “DevOps Indonesia Meetup at ACT” di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis(4/4).

Acara bulanan ini berisi terkait pengalaman para ekspertise di bidang teknologi yaitu Haries Efrika, Performance Management Lead Tokopedia dan Khairul Zebua, Senior DevOps Engineer at XL Axiata, Tbk. Dalam pembahasan berbagai perspektif otomatisasi serta bagaimana otomatisasi membantu meningkatkan kolaborasi dan integrasi antara tim.

1. Tahukah kamu DevOps itu apa?

DevOps X ACT Bangun Sistem IT untuk Kepentingan Lembaga Kemanusiaanunsplash.com

DevOps adalah gerakan budaya dan profesional yang menekankan komunikasi, kolaborasi, integrasi, dan otomatisasi untuk meningkatkan aliran kerja antara pengembang perangkat lunak dan profesional operasi TI. DevOps memungkinkan organisasi TI untuk memberikan nilai bisnis yang lebih besar dengan meningkatkan kemampuan merancang, mengembangkan, menyebarkan, dan mengoperasikan perangkat lunak dan layanan yang andal dengan lebih cepat.

“Tujuan dari DevOps Meetup Indonesia adalah untuk menciptakan tempat dan komunitas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang DevOps dan membantu orang lain untuk memulai gerakan: Ayo mulai berbagi! Organisasi mengadopsi DevOps untuk mencapai pengiriman perangkat lunak dan perubahan infrastruktur yang lebih cepat dengan tetap mempertahankan kualitas tinggi dan keandalan layanan yang tinggi,” kata Hananto Wibowo Co-Organizer, DevOps Indonesia.

2. ACT mendukung penuh acara kolaborasi ini

DevOps X ACT Bangun Sistem IT untuk Kepentingan Lembaga KemanusiaanIDN Times/ACT

Sharing session khususnya bidang DevOps ini sebagai sarana membangun jaringan dan perkenalan baik DevOps itu sendiri maupun antar praktisi DevOps.  Bagi ACT, acara ini sangat penting karena sistem IT lembaga kemanusiaan harus bisa dikelola dengan model teknologi, sistem, dan arsitektur terbaru dan sesuai dengan perkembangan zaman,” papar Kiki Marjuki, Direktur Teknologi dan Informatika ACT.

3. Untuk selanjutnya, ACT diharapkan dapat berperan aktif sebagai pembicara

DevOps X ACT Bangun Sistem IT untuk Kepentingan Lembaga KemanusiaanIDN Times/ACT

Hananto Wibowo pun menyambut baik kerja sama yang sudah terjalin ini dengan menyatakan harapannya bahwa ACT ke depannya tidak hanya menjadi penyelenggara namun juga bisa berperan aktif sebagai pembicara.

“Kami sangat berharap forum seperti ini bisa terus terlaksana serta jika memungkinkan bisa melahirkan platform bersama khususnya terkait dengan peningkatan kapasitas dan kapabilitas sistem IT lembaga kemanusiaan,” tutup Kiki. 

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya