Dirjen Toto Dorong Ahli PLN Lakukan Inovasi untuk Pengembangan Energi Bersih

Pengimplementasian energi bersih juga diminta secara komersial

Yogyakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE), FX Sutijastoto, mengungkapkan bahwa tujuan utama program pengembangan EBTKE ialah bagaimana melakukan substitusi energi, yaitu penggunaan energi fosil yang mayoritas masih diimpor, untuk secara bertahap diganti dengan mulai meningkatkan penggunaan energi bersih.

Dirjen Toto pun menuturkan pengembangan energi bersih yang dilaksanakan pemerintah merupakan salah satu upaya global mencegah perubahan iklim. Oleh karenanya, diperlukan dukungan dan inovasi dari berbagai pihak.

“Hal ini sangat relevan dengan upaya kita pagi ini, diperlukan inovasi-inovasi dari para ahli untuk mencarikan solusi. Ini juga tantangan untuk PLN. Jadi, mohon dukungan dari PLN terutama ahli-ahlinya untuk melakukan inovasi, tetapi juga mengimplementasikannya secara komersial,” ujar Dirjen Toto di depan peserta International Conference and Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2019 yang diselenggarakan pada Senin (21/10).

LIKE merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Ke-74 Hari Listrik Nasional 2019, sekaligus konferensi internasional pertama yang diselenggarakan PLN dengan bertajuk ‘Technology and Policy in Energy and Electric Power’. Acara ini akan digelar selama 4 hari, mulai 21-24 Oktober di Yogyakarta.

Pada kegiatan konferensi tersebut terdapat 116 peneliti bidang kebijakan dan teknologi energi dari 8 negara, yaitu Australia, Malaysia, Taiwan, Jerman, Tiongkok, Thailand, Amerika, dan Vietnam, yang hadir untuk menjadi pemakalah. Konferensi ini juga berkolaborasi dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan Scientific Committee yang berasal dari UI, ITB, UGM, UNDIP, dan ITS, serta menghadirkan kompetisi karya inovasi dari seluruh unit PLN.

1. Kapasitas terpasang pembangkit tenaga listrik hingga Agustus 2019 mencapai 66,13 GW

Dirjen Toto Dorong Ahli PLN Lakukan Inovasi untuk Pengembangan Energi BersihDok. PLN

Pada International Conference LIKE 2019, Dirjen Toto juga menyampaikan pula apresiasi atas upaya yang dilakukan PT PLN (Persero) beserta para pemangku kepentingan di sektor ketenagalistrikan, melihat pertumbuhan kapasitas terpasang pembangkit dan rasio elektrifikasi dapat tercapai sesuai dengan harapan. 

Kapasitas terpasang pembangkit tenaga listrik hingga Agustus 2019 mencapai 66,13 GW. Angka ini telah naik 15,72 GW ketimbang akhir 2014 sebesar 50,41 GW. Total kapasitas pembangkit listrik akan terus meningkat dengan masuknya pembangkit-pembangkit program percepatan 35.000 MW. 

Selain itu, pemerintah juga memastikan agar gardu induk dan jaringan transmisi terus ditingkatkan dengan penurunan susut jaringan listrik (losses) sebesar 9,55% pada Semester I 2019. Peningkatan infrastruktur ini tentu mendukung peningkatan akses listrik kepada masyarakat dan rasio elektrifikasi nasional.

“Pada Semester I tahun 2019 kita telah mencapai rasio 98,81%. Hal ini berarti masih ada sekitar 1,19% atau sekitar 1.100.000 rumah tangga yang masih belum menikmati listrik. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak agar rasio elektrifikasi kita dapat mencapai 99,99% pada tahun 2019,“ tuturnya.

2. Program Kendaraan Listrik di Indonesia jadi salah satu langkah yang akan ditempuh pemerintah menuju pemanfaatan energi bersih

Dirjen Toto Dorong Ahli PLN Lakukan Inovasi untuk Pengembangan Energi BersihIDN Times/EBTKE

Dirjen Toto juga menjelaskan daerah yang belum terlistriki sebagian besar berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Elaborasi peran program APBN dalam infrastruktur EBT antara lain sebagai berikut.

1) Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sejak 2017-2019 sebanyak 350.000 rumah tangga;

2) Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dari 2015-2019 sebanyak 50.000 titik yang menerangi jalan sepanjang 2.800 km;

3) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk pos jaga TNI, pondok pesantren, dan pos pengamat gunung api, fasilitas umum dan fasilitas sosial sebesar 10 MW.

Selain pembangunan infrastruktur EBT, di era modern ini, salah satu langkah yang akan ditempuh pemerintah menuju pemanfaatan energi bersih ialah Program Kendaraan Listrik di Indonesia. Selain itu, kehadiran kendaraan listrik juga akan menekan jumlah impor BBM. 

Oleh karena itu, diharapkan PLN mampu memberikan dukungan untuk kesiapan infrastruktur penunjang kendaraan listrik. Sebagai penutup, Dirjen Toto berharap melalui pertemuan tingkat internasional ini dapat menghasilkan berbagai masukan untuk program dan kebijakan di sektor ketenagalistrikan, khususnya dalam mengantisipasi datangnya era Revolusi Industri 4.0, serta mengikuti kecenderungan global dalam menyongsong era baru yang lebih bersih, lebih hijau, dan lebih berkelanjutan melalui pembangkit EBT.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya