Dorong Pemerataan Kualitas Instruktur, Kemnaker Gelar KKIN

Pembinaan instruktur akan selalu dilakukan dan ditingkatkan

Samarinda, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan telah menyelenggarakan Kompetisi Kompetensi Instruktur Nasional (KKIN) VII Tahun 2019. Salah satu tujuan kompetisi ini ialah mendorong pemerataan kualitas instruktur pelatihan nasional, baik instruktur di BLK (pemerintah), LPK swasta, maupun training center industri.

"Bagaimana kompetisi ini telah menjadi momen sharing pengetahuan kita yang ada di balai-balai besar, balai-balai pusat, untuk teman-teman (instruktur) di daerah," kata Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kunjung Masehat, saat menutup KKIN VII Tingkat Nasional Tahun 2019 di BLK Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (24/10) malam.

Kunjung menjelaskan, peningkatan SDM nasional didasarkan pada 3 komponen, yakni kualitas, kuantitas, dan persebaran. Ketiga komponen tersebut juga berlaku untuk instruktur. Kualitas, kuantitas, dan persebaran instruktur harus merata hingga ke tingkat daerah.

"Oleh karena itu, pembinaan terhadap instruktur akan selalu dilakukan dan ditingkatkan untuk mewujudkan instruktur yang kompeten, profesional, dan mampu mentransfer pengetahuan dan keterampilannya," jelas Kunjung.

Ke depan, KKIN ini pun akan terus diselenggarakan untuk mendorong pemerataan kualitas serta keterlibatan instruktur dari BLK dan LPK swasta. "Meskipun competitiveness kita mulai seimbang, bagaimana ke depan ini kita bisa bersama-sama moving forward," terangnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya