Fahri Hamzah Minta Kemenhub Evaluasi Lion Air

Semoga musibah ini gak keulang kembali

Jakarta, IDN Times – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub), segera melakukan evaluasi kepada maskapai perbangan Lion Air, menyusul musibah jatuhnya pesawat dnegan nomor penerbangan JT-610 di perairan Karawan, Jawa Barat, pagi tadi.

1. Harus segera ditemukan penyebab kecelakaan ini

Fahri Hamzah Minta Kemenhub Evaluasi Lion AirIDN Times/Vanny El Rahman

“Kami minta Perhubungan segera melakukan evaluasi kepada Lion Air. Kita wajib tahu apa penyebabnya,” kata Fahri Hamzah kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin (29/10/2018).

Fahri menegaskan bahwa evaluasi oleh Kemenhub terhadap maskapai penerbangan berlogo Kepal Singa itu perlu dilakukan, karena keselamatan penerbangan tidak bisa ditawar-tawar.

“Sebenarnya ada apa sih? Kenapa lagi-lagi Lion Air yang makan korban, kenapa tidak bisa mencontoh sefti-nya pesawat Garuda,” ucap politisi dari PKS itu mengaku heran.

2. Pencairan asuransi bagi korban harus dipercepat

Fahri Hamzah Minta Kemenhub Evaluasi Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Selain itu, dirinya juga minta dalam rangka pembayaran asuransi korban agar cepat diselesaikan.

“Percepatan pembayaran asuransi bagi korban harus diutamakan,” harap Anggota DPR asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu lagi.

3. Pemerintah dan Lion Air didorong beri penjelasan kepada masyarakat

Fahri Hamzah Minta Kemenhub Evaluasi Lion AirANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Di sisi lain, Fahri mengapresiasi upaya cepatnya pihak Basarnas menemukan titik koordinat jatuhnya pesawat. Kalau penyebab biar Kementerian Perhubungan yang mengungkap, Fahri Hamzah hanya melihat dari sisi Undang-Undang.

“Ini penting, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Lion Air harus menjelaskan ada apa dan kenapa, agar kedepannya Lion air tidak lagi seperti ini, apakah ada pelanggaran Undang-Undang atau tidak. Ini penting untuk memastikan keselamatan penerbangan, itu nomor satu,” pungkas Fahri Hamzah.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya