Perkuat Kemanusiaan, Global Qurban Salurkan Bantuan sampai ke Sudan 

Bantuan tersebut berupa pemberian daging kurban

Jakarta, IDN Times – Meski terbentang jarak nan jauh dan akses yang sulit menjangkau Darfur Selatan, Sudan, tidak mengurungkan niat Global Qurban menyampaikan amanah kurban bagi warga Sudan.

Darfur Selatan merupakan negara bagian yang dihuni penduduk lokal dan ribuan pengungsi dari Sudan. Pada 2018, Global Qurban bersama mitra lokal telah menyalurkan kurban ke puluhan ribu penduduk Darfur Selatan.

1. Penduduk Darfur Selatan bahagia menerima daging kurban dari Indonesia

Perkuat Kemanusiaan, Global Qurban Salurkan Bantuan sampai ke Sudan IDN Times/ACT

Ismail Bey, mitra Global Qurban di Sudan, mengungkapkan bahwa sebanyak 16 ribu penduduk Darfur Selatan secara bergantian mendapat daging kurban yang dibagikan kantong per kantong kepada mereka.

“Tingkat pengangguran di Darfur Selatan sangat tinggi sehingga kondisi perekonomian pun sangat lemah. Mereka sangat bahagia ketika menerima daging kurban, banyak yang menitip salam untuk masyarakat Indonesia,” ungkap Ismail.

2. Pemberian daging kurban bisa mengikat ukhuwah islamiah tanpa memandang suku, ras, bahasa, dan warna kulit

Perkuat Kemanusiaan, Global Qurban Salurkan Bantuan sampai ke Sudan globalqurban.com

Ahmad Muhammad Djibril, (62), seorang pengungsi Sudan yang menetap di wilayah Gereida, menyampaikan salam kepada masyarakat Indonesia. Ahmad merasa pemberian daging kurban dari masyarakat Indonesia bisa mengikat ukhuwah islamiah tanpa memandang suku, ras, bahasa, dan warna kulit.

“Masyarakat Indonesia akan selalu kami kenang dan kami tunggu kembali kedatangannya di Iduladha mendatang (2019),” ungkap Ahmad.

3. Bantuan kemanusiaan jarang menjangkau daerah Gereida

Perkuat Kemanusiaan, Global Qurban Salurkan Bantuan sampai ke Sudan globalqurban.com

Selain Ahmad, Ahmed Isa, (29), juga salah satu penerima kurban di Sudan. Menurut Ahmed Isa, upaya yang dilakukan masyarakat Indonesia dengan berkurban di Gereida merupakan sebuah langkah tepat. Hal itu disebabkan seusai konflik berkecamuk hingga awal 2010, bantuan kemanusiaan jarang ada yang menjangkau daerah tempat Ahmed Isa bermukim.

“Terima kasih kepada Indonesia yang telah memberikan kepeduliannya kepada kami, di sini, di perdesaan yang letaknya jauh dari kota. Daerah kami banyak sapi, tapi kami sendiri tidak mampu membeli untuk memakannya,” tutur Ahmed.

4. Dengan berkurban, bisa membahagiakan muslim sedunia, terutama korban konflik

Perkuat Kemanusiaan, Global Qurban Salurkan Bantuan sampai ke Sudan news.act.id

Pada Iduladha mendatang, Global Qurban akan kembali menyapa pengungsi Sudan yang masih menjadi korban konflik. 

Tak bisa dimungkiri, mengungsi ke wilayah yang lebih aman belum tentu membawa mereka menuju kehidupan yang lebih baik. Maka dari itu, dengan berkurban Anda bisa bahagiakan muslim sedunia. Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah kurban, bisa melalui Global Qurban di http://donasi.act.id/qurban.

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya