Pengunjung Makin Meningkat, Gubernur Banten Genjot Pembangunan di NDA 

Lima pembangunan dilakukan di Negeri Di Atas Awan Citorek

IDN Times, Banten - Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan antusiasme para pengunjung destinasi wisata Negeri Di Atas Awan (NDA) Citorek makin meningkat. Untuk itu, pembangunan Masjid Rahmatan Lilalamin, lahan parkir, fasilitas umum, hingga spot foto untuk mengiring pembangunan ruas Cipanas-Warung Banten terus dilakukan.

"Negeri Di Atas Awan Citorek bersiap menyambut antusiasme para pengunjung yang semakin meningkat," ungkap Gubernur Wahidin Halim (WH) kepada wartawan.

1. Destinasi wisata Negeri Di Atas Awan ramai dikunjungi sejak viral di media sosial

Pengunjung Makin Meningkat, Gubernur Banten Genjot Pembangunan di NDA IDN Times/Pemprov Banten

Akhir 2019, pembangunan ruas jalan Cipanas-Warung Banten pun ditargetkan selesai. Hal tersebut diprediksi bakal mendongkrak jumlah pengunjung kawasan wisata Negeri Di Atas Awan.

Sejak ramai di media sosial, kawasan wisata Negeri Di Atas Awan diserbu pengunjung. Masyarakat setempat melalui BUMDes Citorek Kidul merapikan destinasi tersebut dan membuat spot foto bagi pengunjung dengan memanfaatkan lahan terasering dari pemotongan bukit untuk pembangunan jalan. Untuk menikmati keindahan destinasi wisata melalui lahan itu, pengunjung cukup membayar Rp5.000.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Banten turut bergotong royong melalui infak dengan membangun Masjid Rahmatan Lilalamin senilai Rp 5 miliar di kawasan tersebut. Masjid itu pun menyatu dengan fasilitas umum homestay, warung, toilet, dan kamar mandi yang dikelola BUMDes Citorek Kidul.

Sementara itu, lahan parkir dibangun sekitar 700 meter di bawah tempat berkumpul para wisatawan. Lahan parkir yang cukup luas tersebut dikelola BUMDes Citorek Kidul. Pembangunan lahan parkir diharapkan mampu mencegah kemacetan di lokasi saat jumlah pengunjung membeludak.  

Pembangunan ruas jalan Cipanas-Warung Gunung merupakan implementasi komitmen Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang tertuang dalam visi misi dan RPJMD terkait peningkatan kualitas infrastruktur jalan. 

“Tidak hanya membuka akses jalan masyarakat antarkabupaten/kota dan provinsi, jalur ini juga dijadikan sebagai akses menuju kawasan Wisata Negeri Di Atas Awan yang berada di Kecamatan Citorek, Kabupaten Lebak, yang kini tengah digandrungi masyarakat sebagai destinasi wisata alam,” ungkap Gubernur Banten.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Negeri di Atas Awan di Gunung Luhur Kp Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, itu pada pukul 05.00 hingga 08.00 WIB, terutama pada musim kemarau. Untuk diketahui, pada musim hujan, awan kabut menghilang saat pagi hari. 

Mobil keluarga atau motor matic mampu mencapai kawasan wisata Negeri Di Atas Awan. Aspal dan beton jalur di sana dalam kondisi bagus. Meski naik turun perbukitan, waktu tempuh dari Rangkasbitung bisa dua jam perjalanan. Untuk naik kendaraan umum, pengunjung bisa naik Elf dari Terminal Mandala Rangkasbitung jurusan Citorek dan turun di Ciusul. Dari sana, pengunjung bisa naik ojek warga setempat. 

"Semoga pembangunan ruas jalan Cipanas-Warung Banten dapat menciptakan peradaban baru bagi masyarakat Kabupaten Lebak pada pengembangan kawasan wisata alam yang mempesona dan menarik banyak mata masyarakat luar Banten," tutur Gubernur WH.

"Saya tidak akan mengganggu kewenangan kabupaten/kota. Semua ada undang-undangnya. Saya menjalankan kewajiban saya untuk membangun jalan provinsi," pungkasnya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya