Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Keras Manggala Agni KLHK Tangani Karhutla

Apresiasi tersebut sebagai penyemangat para Manggala Agni

Jakarta, IDN Times - Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerima apresiasi atas peran dan kontribusinya sebagai anggota satuan tugas darat pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan. Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, memberikan langsung apresiasi itu pada acara Penutupan Posko Satuan Tugas Karhutla Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Santika Premiere, Palembang, Minggu (1/12). Apresiasi kepada Manggala Agni itu diterima Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Gubernur Sumatera Selatan itu. Apresiasi tersebut sebagai penyemangat para Manggala Agni dan pihak lainnya dalam Satgas Pengendalian Karhutla yang berjibaku memadamkan api di lapangan.

“Penghargaan ini untuk semua Manggala Agni yang sudah bekerja keras di lapangan. Kami berharap kerja sama dan koordinasi yang sudah berjalan baik ini bisa ditingkatkan sehingga dalam melaksanakan tugas ke depannya dapat berjalan dengan lancar,” tutur Ferdian.

“Kami juga berharap, upaya pencegahan lebih diutamakan, seperti patroli terpadu yang sudah empat tahun bisa lebih diintensifkan lagi dengan berfokus pada desa-desa rawan yang terjadi kebakaran berulang,” ungkap Ferdian.

1. Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi semua pihak yang berpartisipasi dalam penanganan karhutla di Sumsel

Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Keras Manggala Agni KLHK Tangani KarhutlaIDN Times/KLHK

Pada acara yang juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi semua pihak yang berpartisipasi dalam penanganan karhutla di Sumsel dengan baik sehingga hari ini Posko Satgas Karhutla yang bertugas selama lima bulan dapat ditutup dengan capaian yang memuaskan.

“Saya, Gubernur Sumsel mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengendalian karhutla di Sumsel. Termasuk semua corporate yang sudah membantu Satgas Karhutla mulai dari personel hingga peralatan yang diterjunkan untuk pengendalian karhutla di Sumsel,” ujarnya.

2. Apresiasi tersebut sebagai wujud penghargaan atas sinergi yang baik para pihak di Sumsel

Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Keras Manggala Agni KLHK Tangani KarhutlaIDN Times/KLHK

Sementara itu, Plt. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Raffles B Panjaitan mengungkapkan bahwa apresiasi tersebut sebagai wujud penghargaan atas sinergi yang baik para pihak di Sumsel dalam upaya menjaga wilayah Sumatera Selatan dari karhutla.

“Kami mengapresiasi penanganan karhutla di Sumatera Selatan yang dilakukan secara bersinergi dan berkoordinasi antarpihak, baik antara pemerintah daerah, kementerian/lembaga, korporasi, maupun masyarakat untuk mengendalikan karhutla,” ucap Raffles.

3. Hal-hal yang disiapkan KLHK untuk menangani karhutla di Sumatera Selatan

Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Keras Manggala Agni KLHK Tangani KarhutlaIDN Times/KLHK

Di Sumatera Selatan, KLHK menempatkan empat Daerah Operasional (Daops) Manggala Agni di Banyuasin, Lahat, Musi Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir, dengan total pasukan 243 personel yang menjadi kekuatan utama dalam Satgas Darat. Adapun Satgas Udara menyiagakan 17 pesawat dan helikopter yang rutin melakukan patroli udara pada tahun ini. Satgas udara juga telah melakukan water bombing sebanyak 25.851 sortie dan menjatuhkan air sekurangnya 108 juta air, serta hujan buatan dengan menaburkan 46 ton garam dan 27 ton kapur di wilayah rawan karhutla di Provinsi Sumatera Selatan. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya