Guru Besar IPB Apresiasi Penerapan Teknologi Pertanian Kementan

Pemanfaatan teknologi itu menambah devisa negara secara signifikan

Jakarta, IDN Times - Guru Besar Madya Departemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor, Bayu Krisnamurthi, mengapresiasi langkah Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menerapkan mekanisasi berbasis teknologi pertanian yang diterapkan selama kurang lebih 4,5 tahun terakhir. 

Menurut Bayu, pemanfaatan ini langsung berdampak pada peningkatan produksi serta mampu menambah devisa negara secara signifikan.

"Bagus sekali ya, karena setiap dolar yang didapat dari lalu lintas ekspor dampaknya sangat berguna untuk menambah devisa negara. Makanya, ke depan, saya berharap pertanian Indonesia semakin maju," katanya, Jumat (6/9).

1. Guru Besar IPB mendukung gagasan Mentan Amran dalam menjadikan calon ibu kota Kalimantan sebagai pulau mandiri pangan

Guru Besar IPB Apresiasi Penerapan Teknologi Pertanian KementanIDN Times/Feny Maulia Agustin

Di samping itu, Bayu mendukung gagasan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam menjadikan calon ibu kota Kalimantan sebagai pulau mandiri pangan. Kata dia, konsep klaster yang disampaikan Amran beberapa waktu lalu ialah konsep tepat guna untuk memenuhi kebutuhan nasional.

"Saya berharap jika ibu kota baru nanti memang terbentuk, ke depan akan menarik perdagangan pangan dan pertanian dari seluruh Indonesia. Kemudian menjadi pusat pertumbuhan baru dan menjadi peluang bagi daerah lain di seluruh Indonesia. Ibu kota baru itu tentu saja adalah ibu kotanya seluruh Indonesia, bukan hanya ibu kotanya wilayah sekitar," katanya.

Menurut Bayu, penghuni ibu kota baru diperkirakan mencapai 300 ribu kepala keluarga (KK). Artinya, akan ada sekitar 1,2 jiwa yang membutuhkan 120 ribu ton beras. Belum lagi yang menyangkut kebutuhan lain, seperti sayur, ayam, daging, dan panganan lain.

"Nah, tambahan permintaan itu akan dipenuhi dari daerah seluruh Indonesia. Selanjutnya, saya yakin perdagangan antarpulau juga akan hidup, lalu petani dan produsen bergairah memasok. Untuk itu, logistiknya harus disiapkan dengan baik," katanya.

2. Guru Besar IPB juga berharap pertanian Indonesia semakin maju, berdaya saing, dan ramah lingkungan

Guru Besar IPB Apresiasi Penerapan Teknologi Pertanian KementanArrivelGuides

Bayu juga merasa yakin dengan semua geliat dan gegap gempitanya sektor pertanian di Kalimantan. Oleh sebab itu, kata dia, ibu kota sejatinya ialah milik Indonesia, bukan hanya milik daerah sekitarnya saja.

"Berkaca dari pengalaman Jakarta. Kebutuhan Ibu Kota kan dipenuhi dari seluruh Indonesia. Makanya, saya yakin daerah lain di Kalimantan juga akan bersemangat menyambut peluang baru ini," katanya.

Bayu berharap, semua proses produksi dalam upaya peningkatan produk pertanian ini mampu menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, sekaligus negara maju dan tepercaya di sektor pertanian.

"Harapan saya, pertanian Indonesia semakin maju, berdaya saing, dan ramah lingkungan. Saya berharap petani Indonesia semakin sejahtera, sumber daya pertanian terjaga dan lestari, serta usaha produk pertanian berkembang dan menguntungkan," tutupnya.

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya