Dalam Rangka CAFEO37, Ini Harapan Menteri LHK kepada Insinyur se-ASEAN

Mewujudkan 'Tujuan Pembangunan Berkelanjutan'

Jakarta, IDN Times – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya,  menyambut ratusan insinyur se-ASEAN dalam jamuan makan malam di Jakarta (10/9). Sambutan dari Menteri Siti mengajak para insinyur se-ASEAN untuk bersama-sama mewujudkan 'Tujuan Pembangunan Berkelanjutan'.

Perwakilan insinyur dari 10 negara di ASEAN tersebut hadir di Indonesia dalam rangkaian acara The 37th Conference of ASEAN Federation of Engineering Organization (CAFEO37).

Turut hadir pada jamuan makan malam CAFEO37 yaitu 6 menteri serta sejumlah perwakilan pemerintah dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto menyampaikan, CAFEO37 akan digelar selama 4 hari pada tanggal 11-14 September 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran dan akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

1. Kontribusi insiyur ASEAN membuka jalan mempercepat pembangunan berkelanjutan

Dalam Rangka CAFEO37, Ini Harapan Menteri LHK kepada Insinyur se-ASEANIDN Times/KLHK

Menteri Siti menyadari, para insinyur berkontribusi dalam berbagai capaian dan percepatan pertumbuhan kawasan di ASEAN.

“Peran para insinyur ASEAN sangat penting untuk membuka jalan mencapai 'Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ASEAN (SDG)'. Tidak hanya membangun, namun juga meningkatkan konektivitas, serta memungkinkan pemerataan dan kemakmuran,” ujar Menteri Siti.

2. Tujuan CAFEO37 meningkatkan kualitas dan kapasitas insinyur ASEAN

Dalam Rangka CAFEO37, Ini Harapan Menteri LHK kepada Insinyur se-ASEANIDN Times/KLHK

Pembangunan Indonesia, menurut Menteri Siti, terus didorong untuk menumbuhkan perekonomian, mengangkat kesejahteraan sosial, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Berbagai capaian pembangunan Indonesia selama 5 tahun terakhir di antaranya pembangunan jalan nasional sepanjang 3.432 km, jalan tol baru sepanjang 941 km, jembatan baru sepanjang 36 km, pembangunan 15 bandara baru, dan 19 pelabuhan baru.

“Pembangunan infrastruktur secara masif akan terus diupayakan oleh Indonesia, sekaligus juga memfokuskan kepada peningkatan sumber daya manusia (SDM) di 5 tahun mendatang. Acara CAFEO37 ini menjadi penting tidak hanya untuk mempromosikan sains dan teknologi terkini, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas para insinyur di seluruh ASEAN,” ungkap Menteri Siti.

3. Harapan Menteri Siti pada gelaran CAFEO37

Dalam Rangka CAFEO37, Ini Harapan Menteri LHK kepada Insinyur se-ASEANIDN Times/KLHK

Menteri Siti berharap, CAFEO37 menjadi kesempatan luar biasa bagi para pemikir hebat ASEAN untuk terhubung, bertukar pengetahuan, berbagi ide, dan menemukan solusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di ASEAN dan masing-masing negara.

“Semua itu untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi kita semua,” tutur Menteri Siti.

Topik:

  • Ajeng
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya