Meski Tinggal di Perbatasan, Hebatnya 8 Siswa Ini Ikuti TIMO 2019

Sukses selalu dan terus harumkan nama bangsa!

Nunukan, IDN Times - Prestasi pelajar Kabupaten Nunukan di bidang pendidikan khususnya Matematika semakin membanggakan. Sebanyak 42 siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA Kabupaten Nunukan ikut serta dalam Heat Round di Thailand Internasional Mathematic Olimpiad (TIMO).

1. Kalimantan Utara mengirimkan 8 perwakilan siswa masuk final

Meski Tinggal di Perbatasan, Hebatnya 8 Siswa Ini Ikuti TIMO 2019pixabay.com

Hasil Heat Round tersebut, siswa berprestasi yang meraih Kategori Medali TIMO dengan medali Perak diperoleh 1 orang dan 11 lainnya mendapat medali Perunggu. 8 siswa dari Kategori Medali TIMO tersebut akan menjadi perwakilan Provinsi Kalimantan Utara untuk maju ke Final Round yang akan dilaksanakan pada 4-6 April mendatang di Phuket, Thailand.

18 siswa menerima prestasi di Kategori Partisipasi TIMO dan 12 siswa berprestasi di Kategori Harapan TIMO. Para siswa tersebut berasal dari SDIT Ibnu Sina Nunukan, SD 001 Muhammadiyah, SMP N 1 Nunukan, SMPIT Ibnu Sina Nunukan, SMP Muhammadiyah, SMA N 1 Nunukan, dan SMA Khatolik Frateran Santo Gabriel.

"Mathematic is fun! Ini yang berusaha kami wujudkan," ujar Agus Setiansyah dalam sambutannya. "Saya memiliki keinginan, suatu hari nanti Nunukan bisa menjadi kampung edukasi matematika. Namun ini mustahil tanpa dukungan pemerintah dan masyarakat Nunukan," imbuh Pendiri Rumah Matematika itu.

2. Dukungan pun datang dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan

Meski Tinggal di Perbatasan, Hebatnya 8 Siswa Ini Ikuti TIMO 2019Unsplash/Tranguyen

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan, H. Junaidi juga memberikan dukungannya.

"Pemerintah Kabupaten Nunukan telah memberikan support, pengarahan, bimbingan dan perhatian melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kami akan terus mendampingi para siswa," jelasnya.

3. Bukan penghalang mereka tinggal di perbatasan tidak bisa berprestasi

Meski Tinggal di Perbatasan, Hebatnya 8 Siswa Ini Ikuti TIMO 2019Psikoma

Bupati Nunukan yang juga hadir dan menyampaikan sambutannya, memberi motivasi pada siswa berprestasi tersebut.

"Meski tinggal di perbatasan, tidak membuat hidup kita terbatas di tapal batas ini. Saya ucapkan selamat dan sukses kepada adik-adik yang membanggakan ini," ucap Bupati muda dan cantik itu.

"Jangan patah semangat dengan kekurangan kita. Kalian adalah bibit unggul dan saya ingin kalian maju, terus tingkatkan prestasi!" tambahnya memberi semangat.

Selanjutnya, Bupati Nunukan menyerahkan secara langsung sertifikat dan medali kepada siswa yang telah berpartisipasi hingga berprestasi di ajang TIMO 2018/2019. Sekolah yang berpartisipasi pun diberikan piagam yang diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nunukan.

Salah satu siswa yang meraih prestasi di Kategori Medali TIMO menyampaikan pesan dan kesannya.

"Hari ini sangat membahagiakan karena hari ini merupakan hasil kerja keras kita. Kami bangga bisa menjadi peserta, bahkan perwakilan Indonesia. Bangga bisa membawa nama Kabupaten Nunukan ke kancah Internasional," katanya.

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya