Indonesia-Turki Teken Kerja Sama di Bidang Kesejahteraan Sosial 

Kerja sama dua negara dituangkan dalam penandatanganan MSP

Jakarta, IDN Times -  Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menerima kedatangan Menteri Tenaga Kerja, Keluarga, dan Pelayanan Sosial Turki, Zehra Zümrüt Selçuk, di Gedung Kementerian Sosial, Senin (22/7).

Pada pertemuan tersebut membahas kerja sama kedua negara yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) di bidang kesejahteraan sosial.

1. Ruang lingkup kerja sama kedua negara meliputi Institusi Kesejahteraan Sosial Berbasis Komunitas

Indonesia-Turki Teken Kerja Sama di Bidang Kesejahteraan Sosial facebook.com/KemsosRI

Kedua negara bersepakat mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat dan menjadikan kebutuhan-kebutuhan dari masyarakat rentan dan termarginalisasi dibuat prioritas dalam agenda pembangunan.

Ruang lingkup kerja sama kedua negara meliputi Institusi Kesejahteraan Sosial Berbasis Komunitas yang menyediakan pelayanan dalam bidang keluarga, anak yang membutuhkan perlindungan khusus, lanjut usia telantar, serta orang dengan disabilitas dan fakir miskin.

2. Komunitas berbasis masyarakat akan dikembangkan dan menghasilkan pendapatan, penanganan kemiskinan, dan pembangunan keluarga

Indonesia-Turki Teken Kerja Sama di Bidang Kesejahteraan Sosial facebook.com/KemsosRI

Komunitas berbasis masyarakat tersebut akan dikembangkan pada aktivitas yang menghasilkan pendapatan, penanganan kemiskinan, dan pembangunan keluarga. Kerja sama juga mencakup bidang pekerjaan sosial, pelayanan sosial, pelayanan komunitas dan manajemen risiko bencana, serta Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT).

Selain itu, kerja sama akan dilakukan meliputi pertukaran informasi dan pengalaman; pertukaran kunjungan; program pengembangan kapasitas dan pendidikan pelatihan; berbagi pengetahuan dan best practices; workshop, seminar dan konferensi; serta kerja sama untuk riset atau penelitian.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya